Hasil Operasi Pasar, Sekda: Sejumlah Komoditi Dipastikan Aman

oleh -

Wartawan Sergio
Editor Nabil

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, mengungkapkan, berdasarkan hasil operasi pasar ke beberapa pasar semi modern seperti pasar Palabuhanratu, Cibadak dan Cisaat, menunjukkan bahwa sejumlah komoditi kebutuhan pokok masyarakat berada pada posisi aman.

Hal tersebut disampaikan sekda saat mengikuti Rakor pengendalian inflasi di daerah bersama Kemendagri secara virtual di Command Center Palabuhanratu. Senin (21/11/22).

“Hasil dari operasi pasar di beberapa titik terdapat beberapa komoditi yang mengalami kenaikan, namun tidak menyebabkan terjadinya kenaikan inflasi,” kata Ade.

Terkait hal itu, pemerintah daerah terus mendukung terciptanya ekosistem stabilitas harga dengan menjaga keseimbangan dari sisi pasokan produsen dan konsumen, serta mendorong produktivitas pangan.

Hal itu kata dia, mengacu pada strategi 4K, dimana keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, serta komunikasi efektif.

“Kita akan terus melakukan pemantauan mulai dari pemantauan harga komoditi sampai dengan pasokan produsen terhadap konsumen,” ujarnya.

Pada bagian lain Ade menjelaskan, bahwa hasil kerjasama antar pemerintah pusat dengan daerah pertumbuhan inflasi masih tetap diangka positif sebesar 5,71 persen. Hal ini menunjukan bahwa Indonesia pada posisi aman. “Termasuk di Kabupaten Sukabumi angka inflasi masih diposisi aman,” tandasnya.