H. Iyos: Kepala Desa dan Camat Ujung Tombak Pelaksanaan Pembangunan

oleh -

Wartawan Sergio
Editor Nabil

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, menyatakan, para kepala desa dan camat, merupakan ujung tombak pelaksanaan pembangunan di wilayah masing-masing.

Demikian disampaikan wabup saat membuka Workshop evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa, di Aula Sekretariat Daerah Palabuhanratu, Jumat (18/11/22).

“Para camat dan kepala desa merupakan ujung tombak pelaksanaan pembangunan di kab. Sukabumi, terutama dalam mendukung terwujudnya agrobisnis dan pariwisata berkelanjutan,” ujar Iyos.

Wabup menyebut, terdapat empat aspek yang menyebabkan terjadinya persoalan keuangan, antara lain aspek regulasi dan kelembagaan, aspek tata laksana, aspek pengawasan dan aspek sumber daya manusia. “Oleh karena itu tata kelola keuangan harus efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” terangnya.

Keikutsertaan unsur terkait lanjut dia, dapat memberikan manfaat yang luas, khususnya bagi pemberian pelayanan publik yang dapat mendorong terjadinya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Semoga kegiatan ini dapat memotivasi desa di Kabupaten Sukabumi untuk mendayagunakan dana desa serta pengelolaan keuangan yang baik dimasa yang akan datang” Jelasnya

Workshop tersebut menghadirkan berbagai narasumber diantaranya, Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan, Dirjen Bina Pemerintahan Desa dari Kemendagri, Kepala KPPN Sukabumi dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan cinderamata dari BPKP Provinsi Jawa Barat kepada Wakil Bupati Sukabumi.