Nyeri & Sering Kram Area Tubuh Sebelah Kanan

oleh -

Oleh : ๐˜‹๐˜ณ ๐˜๐˜Š. ๐˜•๐˜ถ๐˜ณ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช ๐˜™๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต ๐˜—๐˜ณ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ, ๐˜‰.๐˜š๐˜ค,๐˜”๐˜ฆ๐˜ฅ. ๐˜”,๐˜’๐˜ฆ๐˜ด

Beberapa peserta pelatihan pernah bertanya tentang sering kram area tubuh disebelah kanan, hingga terasa nyeri juga. Nah apakah penyebabnya ?

Kram & Nyeri anggota tubuh yang terjadi seperti diatas bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti :

  • Sering mengalami dehidrasi.
    Usahakan anda untuk menjaga pola minum, perbanyak minum air mineral. Usahakan setiap minum air mineral 2 jam sebelum tidur, minum 200 ml air putih dan setelah bangun juga kembali minum air putih, sebelum akfititas apapun.
  • Kekurangan Mineral khususnya kalium, kalsium dan magnesium
    Maka, konsumsi sayuran dan buah yang mendandung nutrisi tersebut seperti: ubi jalar, kentang, tomat, jeruk, pisang, alpukat, bayam, dll.
  • Tidak lancarnya peredaran darah
    Solusinya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur, tidak merokok, mengelola stres (kurangi beban pikiran), perbanyak cairan tubuh.
  • Penyakit ginjal
    Ginjal bisa mengalami gangguan seperti infeksi ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, dan lain-lain.
    Cara menjaga agar ginjal kita sehat diataranya adalah: Rajin berolah raga, makan makanan yang sehat dan segar (bukan junk food dan makanan berperasa berlebihan), perbanyak minum air putih (bukan air yang berwarna dan berperasa), jangan sembarangan minum obat anti nyeri (analgesik), batasi minum kopi kemasan atau softdrink.
  • Gangguan Penyakit Usus Buntu
    Ketika seseorang mengalami inflamasi / peradangan pada bagian perut sebelah kanan, maka anda akan merasakan nyeri dan rasa mual atau tidak nyaman.
    Langkah pencegahan atau perawatannya adalah dengan konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti : selada, wortel, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, brokoli, dan kacang panjang, dll.
    Selain itu, minum airu putih yang cukup, bisa dibarengi juga dengan konsumsi probiotik.
    Ketika makan sesuatu, usahakan untuk mengunyah dengan benar-benar lembut dan makan dengan perlahan.
  • Penyakit Batu Empedu
    Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penumpukan bilirubin pada organ empedu, dan menjadi endapan yang mengeras yang kita sebut batu empedu.