Tim Medis Puskesmas Ciracap Melepas ODGJ dalam Pasungan

oleh -

Wartawan Dicky Sopyan
Editor Abil

Tim medis Puskesmas Ciracap melepas orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), Dedi Hermawan (21) bin Karsid yang telah 16 bulan berada dalam pasungan, Selasa (4/10/2022). Sebelum dilepaskan, lebih dulu tim menyelesaikan persyaratan administrasi melalui pemerintah desa dan Puskesmas setempat dengan menyertakan pihak keluarga.

Setelah itu, ODGJ yang merupakan warga Kampung Cikahuripan RT 07 RW 05 Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap tersebut, kemudian dibawa ke RSUD kota Sukabumi untuk melakukan pengobatan, sebelum dikembalikan kepada pihak keluarga.

Tim medis Puskesmas Ciracap, di bawah pimpinan Kapus Ciracap Nana Resna Rahayu, SKM.MM, dr. Riyan, Iwan Hermawan, dan Riki Ginanjar Bersama muspika Kecamatan Ciracap.

Dikabarkan, sebelumnya ODGJ itu juga sering berobat ke Puskesmas Ciracap dan pernah di bawa ke rumah sakit Bunut sehingga sempat sembuh, dan sekarang setelah tidak mengkonsumsi obat lagi sehingga kambuh kembali.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Yayah, ibu kandung Dedi (ODGJ) menerangkan, anaknya mulai sakit sejak kelas 1 SMP, tapi kondisinya tidak parah.

“Kadang sembuh, kadang kambuh. Selama bapak masih ada, dia tinggal bersamanya di Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran. Setelah bapaknya meninggal, tinggal bersama saya dan bapak tirinya, Karena sakitnya kambuh lagi terpaksa dipasung karena khawatir melukai orang,” katanya.

Hadir dalam proses tersebut,
Kapolsek Ciracap, Iptu Tatang Mulyana, Kepala Desa Pasirpanjang Mamat Slamet, (Onyod), Babinsa Koramil 2214 Surade Serda, A.M.Pardede, Kepala puskesmas Ciracap Nana Resna Rahayu, dr. Riyan dan muspika Kecamatan Ciracap.