BPBD Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Suryakencana Akibat Cuaca Ekstrem

oleh -

Wartawan Sergio
Editor Iyus Firdaus

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mengevakuasi pohon tumbang yang berada di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cikole, pohon jenis Hari Kunkun dengan tinggi 20 meter dan diameter 90 cm, tumbang akibat cuaca ekstrem pada Selasa pagi (4/10/2022) pukul 03.20 WIB.

Akibat kejadian tersebut arus kendaraan dialihkan sementara, karena kondisi pohon menutupi semua badan jalan. “Setelah menerima laporan tim kami langsung terjun untuk melakukan penanganan evakuasi,”kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Sukabumi, H. Imran Whardani kepada PelitaSukabumi melalui pesan WhatsApp.

Pada saat kejadian pohon tumbang, dikatakan Imran, tidak ada korban jiwa. Penanganan pohon tumbang, jajaran BPBD juga dibantu Polsek dan Koramil Cikole dan warga setempat.
“Alhamdulillah proses penanganan evakuasi telah selesai, dibantu jajaran Polsek dan Koramil Cikole juga warga setempat, akses kendaraan kembali berjalan normal,”ujarnya.

Imran juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga bencana terutama cuaca ekstrem. Apabila masyarakat yang sedang melakukan perjalanan, tiba-tiba terjadi cuaca ekstrem, hujan disertai angin kencang, di imbau untuk berhenti dahulu di tempat yang aman.

“Ketika berteduh usahakan ditempat yang aman, jangan dibawah pohon atau tempat yang berbahaya, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkannya,”terangnya.