Petugas Damkar Evakuasi Puluhan Ular dan Sarang Tawon

oleh -

Wartawan Sergio
Editor Iyus Firdaus

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Sukabumi berhasil mengevakuasi puluhan ular dan sarang tawon vespa, yang masuk ke pemukiman warga. Para petugas atau Tim Animal Rescue terjun ke lapangan berdasarkan laporan atau aduan dari masyarakat, berdasarkan data tercatat selama Januari hingga September 2022 berhasil mengevakuasi sedikitnya 57 sarang tawon vespa dan 39 ular.

“Setelah menerima laporan dari warga, Tim Animal Sescue langsung melakukan pengecekan lokasi hingga melakukan evakuasi,”kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi, Sudrajat kepada PelitaSukabumi, Senin (3/10/2022).

Sudrajat juga mengatakan, bahwa saat ini banyak warga yang mengadukan terkait banyaknya ular dan sarang tawon di sekitar pemukiman. Karena khawatir mengganggu keselamatan warga sekitar, sehingga petugas cepat respon melakukan evakuasi.

“Untuk evakuasi ular biasanya langsung bisa dilakukan pada siang hari, beda dengan evakuasi tawon yang harus dieksekusi pada malam hari,”terangnya.

Lanjut Sudrajat para petugas Tim Animal Rescue, dalam proses evakuasi petugas penyelamatan sudah dibekali beberapa perlengkapan dan keterampilan khusus. Misalnya saja, evakuasi sarang tawon sebelumnya terlebih dulu disemprot obat pembasmi serangga, lalu beberapa lubang disumpal agar tidak ada tawon yang keluar sarang menyerang petugas.

“Para petugas bekerja sangat hati-hati, Alhamdulillah sejauh ini proses evakuasi berjalan baik,”bebernya.

Dikatakan Sudrajat, untuk tawon vespa keberadaannya di wilayah pinggiran seperti, Kecamatan Lembursitu, Baros, Gunungpuyuh dan kecamatan lainnya. “Kecamatan Lembursitu kebanyakan kami terima aduan untuk evakuasi sarang tawon vespa,”ujar Sudrajat.

Dari puluhan ular dan sarang tawon yang berhasil di evakuasi, Sudrajat menambahkan para petugas belum pernah menerima adanya laporan warga yang disengat tawon maupun digigit ular.
“Kami tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati, ketika menemukan ular maupun sarang tawon, silahkan lapor ke kami untuk di evakuasi,”ungkapnya.