Rapat Paripurna ke-26 Agendakan Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi

oleh -

Wartawan Sergio
Editor Nabil

DPRD Kabupaten Sukabumi, menggelar rapat paripurna ke-26, Senin (3/10/2022). Rapat Paripurna tersebut mengagendakan penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi tentang beberapa Raperda hasil rapat Badan Musyawarah DPRD bersama dengan Pemerintah Daerah pada 28 September 2022.

Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Raperda membahas tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).
Dilanjutkan kemudian dengan penyampaian pendapat bupati atas tiga usul inisiatif DPRD yaitu Raperda tentang Pemanfaatan Tanah Kosong, Raperda tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah dan Raperda tentang Pengelolaan Perkebunan.

Rapat Paripurna ke-26, dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Budi Azhar Mutawali. Budi Azhar didampingi Wakil Ketua II M. Sodikin, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami serta dihadiri unsur Forkopimda, para anggota DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

Memasuki acara penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Raperda tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Fraksi Partai Gerindra, menjadi penyampai.pertama yang disampaikan oleh Usep Wawan, Fraksi Partai Golkar disampaikan oleh Dennys Ali Perkasa. Fraksi PKS, disampaikan oleh Ramzi Akbar Yusuf, SM.

Fraksi PAN disampaikan oleh H. Dahyat Raharja, Fraksi PKB disampaikan oleh H. Usep, Fraksi Partai Demokrat disampaikan oleh Badri Suhendi, dari Fraksi PPP disampaikan oleh H. Andri Hidayana, Giliran Fraksi PDI-P, disampaikan dalam bentuk tertulis.

Sehubungan Fraksi PDI-P hari ini seluruhnya sedang melaksanakan Rapat Bersama DPC PDI-P yang diperluas di Sukabumi, berdasarkan Surat Nomor 002/10/Fraksi PDI-Perjuangan/2022 Tanggal 03 Oktober 2022, Perihal Permohonan Ijin tidak dapat menghadiri rapat paripurna.

Secara umum dari Pandangan Umum Fraksi yang telah disampaikan ada beberapa catatan, saran pendapat, koreksi, dan pertanyaan yang ditujukan kepada bupati dan pemerintah daerah mengenai Raperda ini, untuk mendapat penjelasan, keterangan, jawaban dan tindak lanjut sebagai Penyempurnaan dari Raperda tersebut.

“Kami harapkan, bupati dapat memberikan jawaban atas kedelapan Pandangan Umum Fraksi yang telah disampaikan, pada Rapat Paripurna Dewan berikutnya sesuai jadwal hasil kesepakatan Rapat Badan Musyawarah DPRD bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yaitu pada hari Selasa, besok tanggal 04 Oktober 2022,” kata Budi.

Kesempatan berikutnya yaitu Penyampaian Pendapat Bupati atas tiga Raperda usul inisiatif DPRD yaitu Raperda tentang Pemanfaatan Tanah Kosong,
Raperda tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.
Raperda tentang Pengelolaan Perkebunan.

“Apa yang disampaikan dalam pendapat Bupati tadi, akan kami jadikan sebagai bahan kajian dan telaahan dalam tahapan paripurna selanjutnya yaitu tanggapan dari atau jawaban fraksi terhadap pendapat bupati tersebut pada Rapat Paripurna tanggal 4 Oktober 2022 besok,” ujarnya.