UPTD Pertanian Jampangkulon Keluarkan Rekomendasi Pembelian Solar Bersubsidi untuk Petani

oleh -

Wartawan Dicky Sopyan
Editor Nabil

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian Wilayah VI Jampangkulon, mengeluarkan sebuah kebijakan yang pro petani, berupa rekomendasi bagi para pelaku usaha pertanian untuk pembelian BBM jenis solar. Hal itu disampaikan, Kepala UPTD Pertanian Wilayah VI Jampangkulon, Yaya Kuswaya, kepada pelitasukabumi.com, Senin (3/10/2022).

“Saya sudah perintahkan kepada staf saya Ukun Supendi, untuk membuatkan rekomendasi pembelian BBM bersubsidi untuk kegiatan pertanian,” kata Yaya.

Adapun syarat-syarat untuk memperoleh rekomendasi itu adalah melampirkan SKU dari desa yang bersangkutan dan surat permohonan rekomendasi yang ditandatangani oleh koordinator BPP masing- masing kecamatan. Hingga saat ini, KUPTD Jampangkulon sudah mengeluarkan sekitar 150 surat rekomendasi.

Namun demikian, para petani penerima manfaat, diharuskan untuk membuat dan menandatangani surat pernyataan untuk tidak memperjualbelikan BBM tersebut kepada pihak lain. Surat pernyataan dibuat di kantor UPTD Pertanian Wilayah Vl Jampangkulon oleh staf. Pelayanan per hari rata-rata empat sampai lima orang.

Salah satu petani yang memperoleh surat rekomendasi, Subhan, mengatakan, dia sangat terbantu dengan adanya surat tersebut. Karena dia tidak dipersulit, saat membeli Solar ke SPBU. “Alhamdulillah pelayanan pembuatan surat di layani dengan baik dan pembelian BBM juga lancar,” ungkapnya.