Tingkat Gemar Membaca di Kota Sukabumi Meningkat 67 Persen

oleh -

Wartawan Sergio
Editor Iyus Firdaus

Berbagai upaya yang telah dilakukan Pemkot Sukabumi menjadikan Kota Literasi, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) berdampak terhadap peningkatan gemar membaca masyarakat, berdasarkan laporan mencapai 67 persen. Hal itu melebihi dari pencapaian tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Pada bulan September kemarin merupakan bulan spesial untuk gemar membaca, ditambah ada gerakan membaca selama 15 menit dalam satu hari. Alhamdulillah selain di sekolah, masyarakat, hampir semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ikut juga literasi gemar membaca,”kata Sekretaris Dispusipda, Dian Sucianti didampingi
Kabid Perpustakaan Adas Nur Alamsyah ketika ditemui PelitaSukabumi di ruang kerjanya, Senin (3/10/2022).

Sebelumnya langkah Pemkot Sukabumi
untuk mewujudkan Kota Literasi juga dilakukan melalui pembentukan duta baca dari berbagai jenjang pendidikan, sebagai komitmen menggerakkan gerakan literasi. Bahkan ada sahabat Gelis (Gerakan Literasi) yang melibatkan Kader PKK dan Darma Wanita.

“Untuk Literasi Kota Sukabumi juga mendapat penghargaan juara kedua perpustakaan wilayah tingkat Provinsi Jabar, melalui program Gelis di Jabar, Kota Sukabumi mendapat 4 kejuaraan,”terangnya.

Kota Literasi sangat didukung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan membangun gedung galeri di Alun-alun. Masyarakat bukan hanya ke Perpustakaan bisa memanfaatkan galeri untuk membaca.

Dian juga mengatakan, prestasi lain yakni duta baca Kota Sukabumi mendapatkan juara pertama tingkat Provinsi Jabar. Meningkatnya gemar membaca masyarakat juga ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah tingkat pengunjung ke perpustakaan. Pasca pandemi yang sebelumnya pengunjung hanya 5-10 orang karena pembatasan, saat ini dalam sehari bisa mencapai 60 sampai 100 orang.

“Bukan hanya pengunjung yang meningkat ke perpustakaan, ada jadwal kunjungan dari siswa-siswi TK dan PAUD dalam sehari bisa 3 sekolah,”ujar Dian.

Sementara itu Kabid Perpustakaan, Adas Nur Alamsyah menambahkan kunjungan pembaca ke perpustakaan kebanyakan dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Pihak Dispusipda terus berupaya memberikan kenyamanan pengunjung termasuk dalam pengadaan buku. “Kemarin kita juga dapat hibah buku dari Gramedia sebanyak 7 dus. Alhamdulillah sangat membantu kami untuk kebutuhan baca di perpustakaan,”kata Adas.