Operasi Zebra Lodaya 2022, Dongkrak Citra Polisi dan Penegakkan Hukum Berlalu Lintas

oleh -

Wartawan Ronald Alexsander
Editor Nabil

Kegiatan Operasi Zebra Lodaya 2022, merupakan langkah untuk mendongkrak citra Kepolisian dimata masyarakat dan guna menurunkan tingkat pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas.

Hal itu disampaikan Kapolres Sukabumi.Kota, AKBP SY. Zainal Abidin, usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Lodaya 2022 di halaman Mapolres Sukabumi Kota, Senin (3/10/2022).

“Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan citra Polri di mata masyarakat. Kemudian tujuan-tujuan dari operasi ini juga bisa kita capai yaitu menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta peningkatan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” kata AKBP Zainal.

Perwira Menengah Polri itu, mengimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib berlalulintas dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan kamseltibcarlantas keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas (kamseltibcarlantas).

“Keamanan, keselamatan dan ketertiban berlalulintas ini menjadi tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu dibutuhkan kepedulian, partisipasi aktif masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut. Semuanya itu dimulai dari kesadaran terhadap pentingnya untuk tertib berlalulintas dalam setiap penggunaan kendaraan bermotor maupun setiap mobilitas kita yang ada di Jalan raya,” ungkapnya.

Operasi Zebra Lodaya 2022 tersebut lanjut AKBP Zainal, dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai 3 hingga 16 Oktober 2022,”.katanya.

Operasi penegakan hukum terhadap pelanggaran Lalulintas tersebut ujarnya, merupakan cipta kondisi menjelang perayaan natal dan tahun baru untuk mengurangi pelanggaran dan kecelakaan Lalulintas.

“Ini merupakan operasi cipta kondisi menjelang perayaan natal dan tahun baru dimana dalam pelaksanaan kegiatannya yang dikedepankan yang sifatnya edukatif, persuasif serta humanis kepada masyarakat. Adapun penegakan hukum, diberlakukan khusus kepada pelanggar-pelanggar yang sifatnya preventif,” jelasnya.