Regsosek 2022, Sekda: Data Akurat Rakyat Sejahtera!

oleh -

Wartawan Sergio
Editor Abil

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, berharap, Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), menghasilkan
data yang akurat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Demikian dikatakan Ade saat membuka Rapat Koordinasi Daerah Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, bertempat di Hotel Pangrango, Jumat (23/9/22).

“Mewujudkan satu data sangat penting sebagai upaya mengatasi data rangkap dalam memberikan program kepada masyarakat,” kata Ade.

Dia berharap, semua stakeholder dapat melaksanakan koordinasi dan konsolidasi dengan mengajak kepada seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sukabumi, untuk mensukseskan Pendataan Awal Regsosek 2022.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Sukabumi Saman, SS.i, Regsosek merupakan salah satu pilar utama dalam Reformasi Sistem Perlindungan Sosial. Dengan data yang lebih komprehensif, inklusif, dan adaptif terhadap berbagai persoalan terkait ekonomi dan sosial.

BPS mengemban tugas melakukan pendataan awal Regsosek yang akan dilakukan pada 15 Oktober -14 November 2022. Hal itu merupakan pekerjaan besar yang membutuhkan koordinasi dan kerja sama dari instansi pemerintah maupun masyarakat.

“Kolaborasi pemerintah akan terwujud dimulai dari kolaborasi data. Program-program akan lebih efektif jika datanya terintegrasi, dukungan yang diharapkan mencakup tiga aspek, yaitu pada proses pendataan lapangan, pemanfaatan, serta komitmen dalam pemutakhiran,” ungkap Saman.

Regsosek ujarnya, bukan hal yang sederhana karena wilayah Kabupaten Sukabumi sangat luas. Melihat kondisi demikian, BPS Kabupaten Sukabumi mengambil langkah guna mengatasinya dengan merekrut sedikitnya 4.399 petugas guna mendata ulang seluruh masyarakat.

Diakhir acara dilakukan diskusi panel dengan Panelis Kepala Bappelitbangda, Asep Abdul Wasit, Kadis Kominfosan, Eka Nandang Nugraha dan Kepala BPS Kab Sukabumi Saman.