Dandim O607 Ingatkan Potensi Bencana di Tiap Wilayah Diantisipasi Dini

oleh -

Wartawan Sergio
Editor Abil

Dandim 0607, Letkol Inf. Dedy Ariyanto, mengingatkan kepada jajarannya untuk mengantisipasi secara dini segala potensi bencana akibat cuaca ekstrem belakangan ini di wilayah Kota Sukabumi. Untuk itu Letkol Dedy menyiagakan sekitar 300 personel untuk diterjunkan ke setiap kecamatan.

“Kita sampaikan kepada seluruh jajaran dan stakeholder, sudah disiapkan kemudian membuat terobosan supaya koordinasinya lebih lengkap kemudian penanganannya bisa jangka panjang,” kata dia usai apel gelar persiapan menghadapi bencana alam banjir dan tanah longsor di Makodim 0607 Kota Sukabumi, Selasa (20/9/22).

Disiagakannya ratusan personil ujarnya, untuk mengantisipasi dan membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Saat ini, kodim 0607, sudah menyiapkan alat-alat penunjang, dan dipastikan mampu mendukung dalam melakukan evakuasi bencana. “Tadi kita memastikan alat penunjang dan kelengkapan evakuasi bencana disitu kita mendata seperti ambulance, damkar, dan alat-alat berat yang kita miliki dan sudah cukup memadai,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini hampir di seluruh wilayah Kota Sukabumi berpotensi rawan bencana. Untuk itu dia meminta kepada seluruh stakeholder sudah mulai berpikir untuk mengantisipasi dampaknya manakala itu terjadi bencana.

“Rata-rata wilayah di Kota SUkabumi rawan bencana, hampir di setiap kecamatan memiliki resiko baik itu sifatnya banjir, tanah longsor,apalagi kita bersebrangan dengan kabupaten yang berpotensi sama,” tandasnya.

Letkol Dedy juga mengimbau kepada masyarakat agar bisa ikut terlibat dalam ancaman bencana ini. Agar ke depan, bencana alam di wilayah Kota Sukabumi bisa di antisipasi dan tidak menyebabkan dampak yang lebih serius.

“Himbauan kepada semua masyarakat untuk melakukan pencegahan dini bila ada peristiwa agar segera menghubungi BPBD, Damkar atau Koramil terdekat sehingga kita menyusun rencana untuk melakukan bantuan,” ungkapnya.