Harhubnas, Pemkot Sukabumi Luncurkan Angkot ber-AC dengan Metode Cashless

oleh -

Wartawan Sergio
Editor Abil

Pemkot Sukabumi, lewat Dinas Perhubungan meluncurkan angkutan kota ber-AC dengan metode pembayaran non tunai (cashless). Momen tersebut terjadi saat Upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tingkat Provinsi Jawa Barat digelar di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Senin (19/9/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno yang menjadi Inspektur Upacara Dirjen Perhubungan Darat, dan dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Jabar A. Koswara, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Danrem 061 Suryakancana Brigjen TNI Rudi Saladin beserta unsur Forkopimda.

Tidak hanya itu, Dishub Kota Sukabumi juga meraih penghargaan juara pertama dalam ajang bola voli tingkat Jabar. Serta ditandatangani pula komitmen penyelenggaraan perhubungan Jawa Barat, serta dibagikan bantuan sosial bagi pengemudi angkutan umum dan digitalisasi angkutan umum yakni angkot Renyah (Resik, Nyaman, dan Handal).

”Banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi melambung tinggi, patut bersyukur Indonesia termasuk yang mampu mengatasi krisis global,” ujar Hendra Sugiatno mengutip pernyataan Menhub.

Sektor transportasi nasional ujarnya, mulai bergerak data BPS menunjukkan sektor transportasi tumbuh sebesar 21,27 persen kuartal kedua tahun 2022 dan berkontribusi positif pada ekonomi nasional.

Menhub juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan transportasi di seluruh Indonesia, serta mengajak untuk mengenang jasa para pendahulu yang telah gugur dalam tugas memajukan transportasi Indonesia.

“Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh insan transportasi di manapun berada. Yang bertugas di kota, di desa, di perbatasan, dan di pulau-pulau terpencil. Mereka telah mengabdi demi menjaga konektivitas di seluruh penjuru negeri,” tuturnya.

Kendati demikian, dalam pencapaian baik tersebut masih ada yang perlu dibenahi, dan ditingkatkan perihal konektivitas di seluruh Indonesia. Seperti meningkatkan keselamatan transportasi.

Peringatan Harhubnas 2022 mengusung tema ‘Bangkit Maju Bersama’. Tema tersebut mengajak seluruh stakeholder bersinergi, berkolaborasi, dan bahu-membahu untuk membangkitkan kembali sektor transportasi dengan peran masing-masing.

Lanjut Dirjen, sebagai penopang untuk berbagai sektor kehidupan demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur. “Mari kita wujudkan kolaborasi yang lebih baik lagi untuk memajukan transportasi Indonesia di masa mendatang,” ungkapnya.