Achmad Fahmi: Momentum Harnas UMKM Jadi Motivasi Pasca Pandemi

oleh -

Wartawan Agus Setiawan
Editor Abil

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, mengajak para pelaku UMKM untuk menjadikan Hari Nasional (UMKM) menjadi motivasi dan momentum kebangkitan pasca pandemi 29 lalu. Hal itu disampaikan Fahmi, usai membuka acara Hari nasional (Harnas) UMKM 2022 di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Kamis (18/8/2022).

“Bersyukur bisa menggelar Harnas UMKM. Meskipun sederhana namun mampu memotivasi agar bergerak kembali pasca 29 bulan mengalami pandemi,” kata Fahmi.

Dia menambahkan, pada saat terjadi pandemi, ternyata mampu mendongkrak tumbuhnya sektor UMKM. Dimana banyak warga yang sulit melakukan aktivitas bisnis, sehingga berputar haluan menjadi pelaku UMKM.

“Dari data terakhir ada sekitar 70 ribu pelaku UMKM dan pendataan ini terus dilakukan sehingga menjadi jelas berapa jumlah pelaku UMKM yang sesungguhnya,” kata orang nomor satu di Kota Sukabumi tersebut.

Masih kata Fahmi, sudah menjadi tugas bersama untuk mendorong kemajuan UMKM. Jadi, bukan hanya ada peran pemerintah di dalamnya. Melainkan peran aktif pelaku UMKM yang sehat dan kokoh di tengah pemulihan ekonomi. Sejarah mencatat UMKM selain koperasi yang mampu bertahan di kondisi sulit seperti pada 1998 dan 2020.

Pelaku UMKM ujarnya, tetap semangat tidak lelah dan letih bergerak meningkatkan kualitasnya. Pemda dan aparat wilayah serta SKPD serta elemen lainnya kuatkan UMKM karena banyak tantangan seperti permodalan maupun distribusi.

Pada kesempatan itu, dia mengimbau agar di Harnas UMKM 2022 ini untuk berkomitmen menguatkan sektor UMKM.

”Saya yakin ketika berkolaborasi dan bersinergi, UMKM akan kokoh dan kuat. Harapannya dari Sukabumi untuk dunia karena ingin produk UMKM bisa dipasarkan ke dunia. Sebab kini pun tengah disiapkan puluhan UMKM menuju ke arah sana,” tandasnya.

Kegiatan tersebut digelar empat hari yakni mulai 18-21 Agustus 2022 dilakukan agar pelaku UMKM di Kota Sukabumi bangkit dari dampak pandemi. 

Turut mendampingi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Arianto, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP SY Zainal Abidin, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada dan Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi.