Diskominfo Kota Sukabumi Ajak Media Sebarkan Informasi BIAN

oleh -

Wartawan Agus Setiawan
Editor Abil

Diskominfo Kota Sukabumi, mengajak awak media turut menyebarluaskan informasi seputar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, kepada pelitasukabumi.com.

“Kami mengajak awak media ikut menyukseskan dan menyebarluaskan BIAN yang akan dilaksanakan selama bulan Agustus 2022,” kata Rahmat.

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sendiri akan dimulai Agustus 2022 ini. Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kesehatan menargetkan sebanyak 24.384 balita usia 9 bulan hingga 59 bulan.

“Iya, kita targetkan selama satu bulan penuh di Agustus 2022, sebanyak 24.384 balita yang akan dilakukan imunisasi,”ucap Kepala Bidang P2P Dinkes, dr. Wahyu Handriana.

Wahyu menjelaskan, rangkaian kegiatan BIAN meliputi pemberian imunisasi Campak-Rubella dan imunisasi Kejar untuk melengkapi status imunisasi balita. Selain itu, kesempatan bulan imunisasi, dimanfaatkan pula sebagai upaya pencegahan stunting dengan pemberian vitamin A dan penimbangan.

“Dalam kegiatan BIAN ini, kami juga akan melakukan penimbangan dan pemberian vitamin A,” ungkapnya.

Lanjut dia, pencanangan BIAN merupakan upaya pemerintah dalam upaya menutup kesenjangan imunitas terutama pada anak usia dibawah 5 tahun. Apalagi, dalam kondisi pandemi Covid-19, telah terjadi penurunan cakupan imunisasi di seluruh Indonesia.

“Disaat pandemi semua pelayanan posyandu tutup, sehingga berdampak rendahnya imunisasi. Makanya, pemerintah berupaya meningkatkan peran partisipasi masyarakat dengan mencanangkan BIAN,” tutupnya.