Wabup Iyos Nyatakan Siap Bantu TNI AD Perluas Lahan Pertanian

oleh -

Wartawan Ferdy Mora
Redaktur Abil

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, menyatakan siap untuk menyiapkan dan memperluas lahan pertanian untuk digunakan oleh TNI AD dan warga bercocok tanam. Penegasan itu disampaikan wabup, saat saat mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman dalam kunjungan kerja di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/8/22).

Pemerintah dan warga Kabupaten Sukabumi ujarnya, siap bersinergi dengan TNI AD dalam rangka meningkatkan sistem ketahanan pangan. Kunjungan tersebut, dalam rangka panen jagung sekaligus peresmian 100 titik TNI AD manunggal air.

“Pemda siap bersinergi dan mendukung masyarakat bekerjasama dengan TNI AD. Apalagi, tujuannya dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Dia juga menyambut baik kegiatan panen jagung tersebut. Bahkan, dirinya mengapresiasi TNI AD yang ingin memberdayakan masyarakat dengan baik. “Ada TNI AD, kehidupan masyarakat insya Allah meningkat,” kata Iyos.

Senada dengan wabup, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan, kegiatan ini atas amanat dari Presiden Joko Widodo. Menurutnya, kepala negara, meminta TNI AD membantu pemerintah dalam rangka mensejahterakan rakyat. Terutama, dalam mengatasi krisis pangan. “Dalam mengatasi krisis pangan bisa menanam jagung, padi dan sebagainya. Di Ciemas, kami menanam di dua desa,” kata mantan Pangdam Jaya tersebut

Selain itu, di tempat tersebut pun ada pencanangan 100 titik air bersih yang tersebar di seluruh Indonesia. Air bersih tersebut, menurutnya menggunakan hydrant. “Masyarakat sekarang tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan air bersih. Air merupakan kebutuhan utama. Selain itu, air mengalir dapat membantu pertanian,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, TNI AD pun mencanangkan Kampung Pancasila. Sebab, TNI hadir tidak hanya di pembangunan fisik saja.
“TNI AD harus hadir di tengah kesulitan masyarakat. Harus memberikan solusi untuk masyarakat. Semoga rakyat Indonesia mendukung semuanya,” tandasnya.