Wabup: Variabel Penilaian Ombudsman Kepatuhan Pelayanan Publik

oleh -

Wartawan Agus Setiawan
Editor Abil

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, mengatakan yang menjadi variabel penilaian ombudsman adalah kepatuhan pelayanan publik. Demikian disampaikan Iyos, saat melakukan monitoring pelayanan publik, menjelang persiapan penilaian oleh Ombudsman RI.

Kegiatan monitoring tersebut, dilakukan di empat tempat yaitu Dinas Pendidikan, Disdukcapil, Puskesmas Cisaat dan Dinas Sosial, Kamis (11/8/2022).

Dia menambahkan, dalam waktu dekat, Ombudsman RI akan melaksanakan penilaian terkait layanan publik di Kabupaten Sukabumi. Dalam menghadapi itu, pemerintah melakukan persiapan lokus-lokus yang akan dijadikan pusat penilaian nanti.

“Saya monitoring dan kesiapan perangkat daerah dalam melakukan pelayanan publik mulai dari Disdik, Disdukcapil, Dinsos dan Puskesmas Cisaat. Mayoritas 80 persen, sudah hampir terpenuhi dan kekurangan- kekurangan bisa segera diperbaiki dan dilengkapi lagi oleh masing masing perangkat daerah terkait,” ungkapnya

Namun demikian, tambah Wabup, masih ada indikator yang harus diperbaiki seperti kelengkapan, baik itu administrasi maupun sarana dan prasarana. “Pada waktunya nanti kita berharap hasilnya lebih baik dari sebelumnya, Walaupun masih ada beberapa yang belum maksimal tapi mudah-mudahan dalam waktunya sudah selesai,” ungkapnya.

Diketahui Variabel yang menjadi penilaian Ombudsman adalah produk administrasi Kepatuhan pelayanan publik diantaranya standar pelayanan, maklumat pelayanan, pengelolaan pengaduan, sarana dan prasarana, pelayanan khusus, penilaian kepuasan masyarakat, visi, misi dan motto pelayanan, atribut pelayanan terpadu dan rekognisi.