Warga Pelabuhanratu dan Simpenan Gelar Pawai Obor Sambut 1 Muharram 1444 Hijriyah

oleh -

Wartawan Agus Setiawan
Editor Abel

Warga di wilayah Palabuhanratu dan sekitarnya, tumpah ruah turun ke jalan dengan menggelar pawai obor guna menyambut malam pergantian tahun baru Islam, 1 Muharram 1444 Hijriyah, Jumat (29/07/2022).

Pawai obor merupakan tradisi masyarakat Islam Indonesia dan selalu di gelar menjelang malam pergantian tahun baru Islam. Tradisi tersebut sempat terhenti sekian tahun saat Covid-19 melanda.

Pantauan di lapangan, pawai obor menggunakan rute di seputar jalan siliwangi dengan titik start Alun-alun Masjid Agung menuju ke arah jalan Pangsor. Kemudian ke jalan Empang Raya dan finish di Alun-alun Masjid Agung Palabuhanratu.

Saat pawai obor berlangsung, hujan sedang melanda Pelabuhanratu dan sekitarnya. Para petugas dari TNI-Polri dan Satpol PP tampak siap siaga mengawal gelaran tersebut.

“Alhamdulillah, walau hujan tapi semangat menyongsong tahun baru Islam kali ini begitu besar karena tahun-tahun sebelumnya ruang kita terhalang Pandemi,” kata Eka, salah satu peserta pawai Obor di Pelabuhanratu.

Sementara di wilayah Kecamatan Simpenan yang perbatasan dengan Bagbagan Pelabuhanratu, terpantau masyarakat mengikuti pawai obor dengan begitu antusias. Di tengah guyuran hujan, warga dari berbagai kalangan tampak menikmati arak-arakan dengan terus melantunkan shalawat.

Rute pawai obor di mulai dari kantor Desa Cidadap menuju pertigaan jalan Ranca Renghas, terus kembali ke jembatan Bagbagan dan finish di Kantor Desa Cidadap.

Setelah finish, para peserta pawai obor di wilayah tersebut langsung menuju kegiatan tabligh akbar yang di gelar oleh Pemdes Cidadap dan MUI Desa Cidadap. Tablig Akbar itu mengusung tema Gema Muharram 1444 Hijriah.

Kepala Desa Cidadap Deden Anta Nurman tampak memberi sambutan dan ucapan terima kasih kepada warga Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan lantaran begitu semangat memeriahkan pergantian malam tahun baru Islam di tengah guyuran hujan.

“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih banyak kepada semua warga masyarakat yang begitu semangat memeriahkan pergantian tahun baru Islam. Semoga ini menjadi amal baik dan melalui tabliqh akbar ini, kita semua mendapat ridho dari Allah SWT” ujar Deden saat memberikan sambutan di atas panggung tabliq akbar.

Dalam kegiatan itu, tampak hadir Camat Simpenan Prama Rezamudra, ketua MUI dan jajaran Muspika lainnya termasuk TNI-Polri. Selain itu, hadir beberapa tamu undangan dari para ustadz, tokoh masyarakat, organisasi pemuda dan warga Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Sementara Mubaligh yang mengisi kegiatan tersebut adalah Habib Husen Aljufri dengan Qori Ustadz Asep Abdurrahman.
Selama kegiatan berlangsung, situasi tampak aman dan kondusif.