๐™๐™€๐™๐˜ผ๐™‹๐™„ ๐˜ฝ๐™€๐™†๐˜ผ๐™ˆ ๐™๐™‰๐™๐™๐™† ๐™†๐™‡๐™„๐™€๐™‰ ๐™Ž๐™๐™๐™Š๐™†๐™€

oleh -

๐˜‹๐˜ณ ๐˜๐˜Š. ๐˜•. ๐˜™๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต ๐˜—๐˜ณ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ. ๐˜‰.๐˜š๐˜ค.๐˜”๐˜ฆ๐˜ฅ. ๐˜”,๐˜’๐˜ฆ๐˜ด

Bagi para orang dewasa paruh baya, tentu pernah mendengar serangan stroke, ya stroke, momok yang sangat menakutkan bahkan horror terutama bagi pengidap hipertensi dan kolesterol tinggi
Banyak mitos yang beredar mengenai penyakit stroke. Salah satu mitos yang paling dipercaya adalah stroke hanya menyerang para orang tua. Faktanya, stroke bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.
Serangan stroke terjadi ketika suplai darah ke bagian otak berkurang karena penyumbatan atau ketika pembuluh darah di otak pecah. Serangan stroke dapat terjadi secara tiba-tiba dan harus ditangani segera karena dapat menjadi kondisi yang membahayakan.
Apabila tidak ditangani segera, stroke dapat menyebabkan kerusakan otak yang berkepanjangan, kecacatan jangka panjang, atau bahkan kematian.

Stroke adalah penyakit pembuluh darah otak yang menyebabkan terjadinya kerusakan di suatu bagian otak, yang disebabkan terganggunya aliran darah. Saat terjadi serangan stroke, sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit.
Akibatnya, bagian tubuh yang dikontrol oleh bagian otak yang rusak akan kehilangan fungsinya. Umumnya stroke dialami oleh orang yang usianya di atas 60 tahun. Meski begitu, bukan tidak mungkin stroke dapat terjadi di usia muda.
Penyebab stroke di usia muda adalah gaya hidup yang buruk seperti merokok dan minum alkohol yang akan menimbulkan diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

gejala penyakit stroke adalah hal penting yang harus diketahui. Apalagi mengingat penyakit ini termasuk dalam kasus kegawatan Neurologi.
Adapun gejala utama stroke, meliputi:
โ€ข Face (wajah): wajah mungkin jatuh di satu sisi, orang tersebut mungkin tidak dapat tersenyum, atau mulut atau matanya mungkin terkulai.
โ€ข Arms (lengan): orang yang diduga terkena stroke mungkin tidak dapat mengangkat kedua lengan dan menahannya. Hal ini karena stroke sudah menyebabkan kelemahan atau mati rasa pada salah satu lengan.
โ€ข Speech (cara bicara): ucapan terdengar tidak jelas atau kacau, atau orang tersebut mungkin tidak dapat berbicara sama sekali meskipun tampak terjaga. Selain itu, mungkin juga kesulitan memahami apa yang Anda katakan.
Selain itu, ada tanda-tanda stroke lain pada pria maupun wanita yang mungkin dialami, diantaranya:
โ€ข Mati rasa yang terjadi secara tiba-tiba atau kelemahan di wajah, lengan, atau kaki, terutama di satu sisi tubuh.
โ€ข Kebingungan, kesulitan berbicara, atau kesulitan memahami pembicaraan.
โ€ข Kesulitan melihat di satu atau kedua mata secara tiba-tiba.
โ€ข Kesulitan berjalan
โ€ข Kehilangan keseimbangan, atau kurang koordinasi.
โ€ข Pusing dan sakit kepala parah yang tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya.

Bagaimana mekanisme BEKAM untuk kasus serangan stroke ?
Secara singkat seperti ini :

  • Saat memulai terapi bekam, mulai dengan kop / hisapan lalu lepas, lakukan lagi, hingga timbul sensasi rangsangan awal
  • Kemudian tekanan negatif (penghisapan alat bekam) yg menimbulkan hipoksia sementara kepada kulit kepala dengan efek radius 10cm mampu menstimulasi pelepasan sejumlah nitric oxide (NO), menyebabkan pelebaran pembuluhยฒ darah (vasodilatasi vaskuler) & tindakbalas-tindakbalas biokimia. Perbaikan sirkulasi darah otak terjadi. Hal ini memungkinkan lebih banyak darah atau oksigen sampai ke bagian jaringan otak yg rusak/bermasalah.
  • Tusukan jarum (luka bekam) kepada kulit kepala mengaktifkan mekanisme penyembuhan luka & pembentukan pembuluhยฒ darah baru (angiogenesis). Kedua-dua tindakan ini akhirnya merangsang pertumbuhan selยฒ otak baru (neurogenesis) dan secara bertahap meningkatkan fungsi normal otak yang rusak tadi. Pembekaman kepada bagian anggota yg lemah atau kebas, meningkatkan aliran darah, mempertahankan “tona” otot dan mencegah otot menjadi kecil (atropy). Dalam Bahasa sederhana semacam dirangsang begitulah
  • Bekam juga menstimulasi jaringan endotelial pada pembuluh darah untuk melepaskan “plasminogen activator” bertujuan mengaktifkan plasmin yg terdapat pada darah beku. Plasmin akan menjalankan tugasnya yaitu meleraikan ikatan fibrin pada platelet sehingga darah beku akhirnya terurai sendiri. Bekam TIDAK menyingkirkan darah beku di otak tapi MENGAKTIFKAN fungsi plasmin dgn kehadiran “plasminogen activator” supaya darah beku terurai secara alami. Sehingga terbantu kondisi otak pasca serangan stroke
  • Pada saat pembekaman pada titikยฒ yg lain, selain menyingkir CPS (materi penyebab penyakit), bekam juga bertujuan untuk merangsang fungsi normal organยฒ penting agar sistemยฒ tubuh kembali stabil.
  • Jangan lupa barengi dengan sikap hidup qonaah, mampu memanage emosi, banyak shaum, ruqyah syariyyah mandiri, dan terapi pijat saraf, agar proses terapi lebih maksimal, saat pengaturan diet & emosi, istirahat yg cukup, senam teratur dsbnya adalah untuk menjaga penyakitยฒ seperti hipertensi atau diabetes agar tidak meningkatkan resiko serangan stroke seterusnya.
  • InsyaALLAH