Paturay Tineung Siswa Kelas VI B Desa Cibima Kuatkan Jalinan Silahturahmi

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Siswa-siswi kelas VI SDN Dewi Sartika Cipta Bina Mandiri atau lebih dikenal dengan Desa Cibima menggelar acara perpisahan, paturay tineung antara siswa, guru dan orang tua, untuk saling menguatkan nilai silahturahmi, walau mereka akan berpisah melanjutkan ke jenjang sekolah SMP yang mungkin beda sekolah.

Kegiatan paturay tineung di gelar di Villa Treesna, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, (28-29/6/2022), hadir pada kegiatan tersebut kepala Sekolah Desa Cibima, Nana Mulyana, didampingi Wakil Kepala bidang Kurikulum, Rika Opsari, bidang Kesiswaan, Gina Damayanti, guru Pendidikan Agama Islam, Sudrajat dan guru, Serie Sagita Suryaman.

Di lokasi paturay tineung berbagai kegiatan digelar, mulai dari sholat berjamaah, renungan malam, berbagai lomba dan acara saling memaafkan, selama enam tahun para siswa-siswi belajar bersama di Desa Cibima, dan harus berpisah karena berbeda sekolah, namun juga ada yang tetap melanjutkan di SMP yang sama.

“Perpisahan ini sangat luar biasa dan bermakna, dimana para siswa selama enam tahun bersama, pada hari ini di apresiasikan melalui kegiatan paturay tineung,”kata Nana Mulyana, Rabu (29/6/2022).

Nana bersama para guru memberikan semangat kepada para siswa-siswinya yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan SMP maupun pesantren.
“Perpisahan kelas VI B terbilang sangat unik, begitu kentalnya kekeluargaan yang dibangun para orang tua maupun siswa-siswinya,”tutur Nana.

Kekompakan dan kekeluargaan yang ditunjukkan kelas VI B, Desa Cibima, menurut Nana pantas ditiru oleh kelas lain. Nana juga berharap kekompakan keluarga besar kelas VI B, bisa terus terjaga dengan baik, walau nantinya mereka berpisah karena berbeda sekolah.

Para orang tua kelas VI B, sengaja mengundang para guru dari kelas IV sampai VI yang pernah mengajar anak-anaknya selama di Desa Cibima pada kegiatan paturay tineung.

“Silahturahmi harus tetap terjaga dengan baik, acara paturay tineung mungkin salah satu jalan untuk menjalin dan menguatkan nilai silahturahmi kedepan,”ungkapnya.

Sementara itu salah seorang wali murid kelas VI B, Yati Nurhayati meras bahagia dan sedih saat dirinya ikut dalam acara paturay tineung. Yati juga berharap kekeluargaan yang telah terbangun selama enam tahun itu bisa terus terjaga dengan baik. “Kami para orang tua berkomitmen untuk terus menjaga nilai silahturahmi dengan baik kedepannya. Karena kita sudah seperti keluarga,”kata Yati. (*)