Rapat Paripurna DPRD ke-11, Agendakan Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi

oleh -

Wartawan Agus Setiawan
Editor Abil

DPRD Kabupaten Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna ke-11 tahun 2022, Selasa (28/6/2022). Rapat Paripurna dilaksanakan berdasarkan hasil rapat badan musyawarah (Bamus) DPRD dan Pemkab Sukabumi pada 27 Juni 2022.

“Agenda Rapat Paripurna DPRD.Kabupaten Sukabumi pada hari ini, yaitu dalam rangka penyampaian pandangan Umum Fraksi DPRD terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021,”kata Wakil Ketua I Budi Azhar Mutawali sebagai pimpinan rapat.

Turut hadir dalam rapat paripurna itu, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Wakil Ketua II M. Sodikin, Wakil Ketua III Yudi Suryadikrama, serta dihadiri unsur Forkopimda, Para Anggota DPRD dan OPD Kabupaten Sukabumi.

Dalam arahannya Budi mengatakan, berdasarkan Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2019, tentang Tata Tetib, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2021, dinyatakan bahwa rapat paripurna dewan hari ini telah memenuhi kuorum.

“Dengan mengucap Basmalah, Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sukabumi yang ke-11 (Sebelas) pada tahun sidang 2022, pada hari ini Selasa tanggal 28 Juni 2022, dibuka dan terbuka untuk umum,”katanya.

Penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi diawali Fraksi Partai Gerindra, dengan juru bicara Hera Iskandar. Selanjutnya Fraksi Partai Golkar oleh Sylvie Gustiana Derin,
Disusul.kemudian Fraksi PKS disampaikan oleh Amran Munawar Luthpi dan Fraksi PDI-P, diwakili Nasrudin Sumitra Pura.

Kesempatan selanjutnya Fraksi PAN dengan juru bicara H. Dahyat Rahardja. Fraksi PKB, Dadan Hasanudin dan terakhir penyampaian pandangan umum
dari Agung Nugraha yang mewakili Fraksi Demokrat.

“Secara umum kata pimpinan sidang, dari pandangan umum fraksi yang telah disampaikan tadi ada beberapa catatan, saran, pendapat, koreksi, dan pertanyaan yang ditujukan kepada Bupati dan Jajarannya terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021,”ungkap Budi.

Untuk mendapat penjelasan kata dia, penyampaian jawaban dan tindak lanjut sebagai penyempurnaan dari Raperda tersebut, DPRD berharap, bupati dan Jajarannya dapat memberikan jawaban atas ke-delapan pandangan umum fraksi yang disampaikan pada Rapat Paripurna Dewan berikutnya yang akan dilaksanakan pada Rabu, 29 Juni 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, juga mengucapkan terima kasih kepada para anggota dewan, bupati, Forkopimda dan para undangan yang menyempatkan hadir dalam acara tersebut.(*)