Diskumindag Roadshow Mendata Koperasi Aktif Pasca Pandemi

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, mendata keaktifan koperasi yang masih aktif, pasca pandemi Covid-19. Berdasarkan data terdapat 485 koperasi, namun sejauh ini hanya 100 koperasi yang masih terbilang aktif, dan telah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Hal itu dikatakan Pejabat Fungsional Diskumindag, Eros Rosmiati ketika berkunjung ke Kantor sekretariat PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kota Sukabumi, beberapa waktu lalu.
Dikatakan Eros, dia saat ini bersama jajaran sedang mendata kembali keaktifan koperasi yang ada.

“Kalau yang aktif harus prediksi karena sampai sekarang masih roadshow, kalau menurut ODS (Online Data Sistem Red*) sendiri ada 485 saat ini. Tetapi yang sudah memberikan laporan mencapai 100 RAT. Kami masih road show untuk mengetahui jumlah koperasi yang masih belum mau bercerita,” kata Eros.

Belum melaksanakan RAT, menurut Eros hal itu bisa terjadi karena dampak adanya Pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap segala sektor usaha. “Dampak Covid-19 sangat berpengaruh, banyak usaha yang gulung tikar, pasca pandemi sebagian koperasi juga mulai bangkit pemilihan ekonomi.
Artinya memang pandemi menjadi salah satu karena bukan koperasi saja, bisnis lain pun banyak yang tutup,” ujarnya.

Eros juga menjelaskan, dalam membangun koperasi perlu didasari kejujuran sesuai dengan prinsip koperasi. Banyak jenis yang ada dalam koperasi, bukan hanya simpan pinjam saja tetapi banyak yang lainnya. “Koperasi simpan pinjam hanya sebagian kecil saja tapi mungkin itu yang sedang berkembang saat ini,” jelasnya.

Menurut Eros, RAT memegang peranan penting dalam koperasi. Karena itu, setiap koperasi perlu menyelenggarakannya demi keterbukaan kepada setiap anggota.

“Semoga pandemi menghilang dari bumi ini, dan kami berharap semua koperasi di Kota Sukabumi dapat segera bangkit dan lebih baik lagi ke depannya,”ungkapnya. (*)