Permintaan Jasa Tranportasi Bus Tayo Meningkat di Musim Samenan

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Bus Rapid Transit (BRT) atau lebih dikenal dengan Bus Tayo milik Pemerintah Kota Sukabumi yang di kelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) saat ini menjadi armada tranportasi idola di masyarakat. Terbukti banyak permintaan untuk Bus Tayo, dari masyarakat khususnya di sekolah tingkat Paud, hingga Sekolah Dasar (SD) keliling Kota Sukabumi atau ke objek wisata.

“Memang banyak surat yang masuk ke kami untuk permintaan jasa transportasi menggunakan Bus Tayo maupun Bus wisata Ajak Kami. Dari sekolah-sekolah, untuk keliling Kota Sukabumi maupun ke lokasi objek wisata,”kata Kasi Angkutan pada Dishub Kota Sukabumi, Djoko Sutrisno ketika dihubungi wartawan via telepon seluler, Selasa (28/6/2022).

Permintaan dari masyarakat terhadap jasa Bus Tayo, kata Djoko tidak bisa tercover semua, mengingat anggaran operasional Bus Tayo tersebut yang memang terbatas. Bahkan permintaan tersebut juga akan dikaji tujuan rute yang akan di lalui oleh Bus Tayo. Karena Bus tersebut diperuntukkan untuk rute jalan datar, tidak rute naik turun.

“Karena anggaran operasionalnya terbatas, kami hanya meminta pengganti solar saja kepada pihak sekolah atau instansi yang akan menggunakan Bus Tayo,”terangnya.

Berbeda dengan kebutuhan jasa Bus Tayo untuk sosial, seperti anak-anak yatim piatu, SLB (Sekolah Luar Biasa) dan Paud. Selain sosial Bus Tayo juga sebagai sarana edukasi pendidikan bidang transportasi.
“Permintaan untuk mereka kita prioritaskan berdasarkan instruksi pimpinan,”ujarnya.

Hampir setiap hari Bus Tayo yang diperuntukkan untuk kebutuhan transportasi di Jalan Lingkar Selatan, sebagian armada digunakan pula untuk melayani kebutuhan masyarakat, seperti pada Selasa (28/6/2022) Bus tersebut mengantar siswa-siswi SDN Dewi Sartika CBM (Desa Cibima) ke wisata Villa Tresna di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

“Besok pagi Bus Tayo akan digunakan untuk transportasi para peserta Diklat Kader MUI, pada siang harinya melayani Sekolah Madrasah keliling jalur lingkar selatan,”ungkapnya.(*)