Diskominfo Siapkan Pembaharuan DIP Untuk Informasi KIP

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi sedang mempersiapkan penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Penyusunan DIP sebagai bahan
informasi yang nantinya bisa di konsumsi oleh masyarakat update sesuai dengan pembaharuan setiap tahunya.

“Pekan lalu kita sudah melakukan rapat dengan semua SKPD terkait perbaharuan DIP disetiap SKPD yang ada dilingkungan Pemkot Sukabumi,”
kata Kepala Bidang Infromasi Komunikasi Publik pada Diskominfo Kota Sukabumi Tantan Sontani, ketika ditemui wartawan di Balai Kota Sukabumi, Jumat (24/6/2022).

Tantan juga mengatakan, pembaharuan DIP harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Yang terdiri dari tiga jenis informasi, yaitu, informasi berkala, dimana informasi tersebut wajib disediakan dan diumumkan, kemudian informasi setiap saat yang harus tersedia tapi tidak wajib di umumkan, dan ketiga informasi serta merta. Misalkan, kejadian bencana yang wajib diumumkan setiap saat (tidak diatur oleh waktu).

“Jadi ada tiga jenis informasi yang saat ini sedang dilakukan asistensi setiap tahunya,”terangnya.

Disisi lain Tantan juga mengatakan,
ada jenis informasi yang sifatnya tidak bisa di publis (dikecualikan). Misalkan, berkaitan dengan identitas pribadi, rekam medik, rahasia negara atau berkaitan dengan jabatan, pertahanan keamanan, dan persaingan usaha.

“Infromasi yang dikecualikan juga harus sesuai dengan Undang-undang nomor 14 tahun 2008 pasal 17, atau juga ada perundang-undangan lainya diluar aturan KIP yang tidak boleh di publish. Makanya kami minta ke SKPD apa saja infromasi yang dikecualikan,”jelasnya.

Sejauh ini lanjut Tantan dari sejumlah SKPD, baru ada tiga SKPD yang sudah menyerahkan atau tuntas melakukan pembaharuan DIP. Dia juga menargetkan pada akhir bulan Juni ini semua SKPD sudah menyerahkan berkas tersebut.

Tantan juga berharap pada bulan Juli mendatang SK panduan tentang DIP bisa disebar ke semua SKPD untuk mengetahui mana saja infromasi yang bisa di publish atau tidak.

“DIP itu kan berhak diketahui oleh masyarakat dengan mengakses melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi(PPID). Masyarakat bisa mengakses di sukabumikota.go.id,”terangnya. (*)