SDN Bunut Gelar Syukuran dan Pentas Seni Pada Pelepasan Siswa Kelas VI

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Momen perpisahan atau pelepasan siswa kelas VI dan kenaikan kelas merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh guru, siswa-siswi maupun orang tua. Setelah dua tahun kegitan perpisahan atau dalam istilah bahasa Sunda, Samenan tidak bisa dilaksanakan karena pembatasan wabah virus Covid-19. Saat ini kondisi pandemi Covid-19 melandai, hampir semua sekolah dari tingkat TK, SD hingga SMA menggelar Samenan.

Seperti halnya SDN Bunut yang berlokasi di Jalan Pabuaran, Kecamatan Warudoyong memanfaatkan kondisi tersebut untuk menggelar Samenan, sebagai bentuk rasa syukur, siswa-siswinya akan melanjutkan ke jenjang pendidikan SMP.

“Alhamdulillah kami bisa kembali menggelar Samenan tahun ini, bentuk rasa syukur kami kepada Allah SWT atas kelulusan siswa-siswi kelas VI SDN Bunut,”kata Kepala Sekolah SDN Bunut, Dede Pramulyana, M. Pd, kepada Pelitasukabumi, Kamis (23/6/2022).

Kegiatan Samenan perpisahan siswa kelas VI di SDN Bunut pada tahun ini, kata Dede memiliki tema “cerdas, berkarakter berlandaskan iman dan taqwa menuju generasi Emas. Dia berharap lulusan SDN Bunut bisa menjadi generasi yang bukan hanya cerdas namun memiliki karakter akhlak mulia.

“Harapan kami para siswa-siswi yang kami lepas melanjutkan sekolah ke jenjang SMP, mereka menjadi generasi emas kebanggaan guru dan orang tua. Kami juga berharap SDN Negeri Bunut bisa terus berkembang menjadi lebih baik dalam hal pelayanan dibidang pendidikan,”ujar Dede.

Proses pelepasan siswa kelas VI yang berjumlah 13 orang itu, dilakukan melalui prosesi Upacara Adat, yang dilanjutkan dengan pentas kreativitas siswa dari kelas I sampai V, mulai dari tarian, nyanyian dan penampilan tim marawis.

Dibawah kepemimpinan Dede, dia akan terus mengembangkan potensi berbagai prestasi para peserta didiknya, dengan harapan SDN Bunut bisa lebih terkenal di Kota Sukabumi.

“Saya dan para guru akan memberikan layanan pendidikan terbaik untuk siswa-siswi kami, agar mereka bisa terus berprestasi dan menjadi generasi emas,”ungkapnya. (*)