Desa Cibima Gelar Samenan Perdana Pasca Pandemi Melepas 127 Siswa

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Sebanyak 127 siswa-siswi kelas VI SDN Dewi Sartika Cipta Bina Mandiri (Desa Cibima) di lepas untuk lanjut ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pelepasan dilakukan melalui upacara adat sungkeman antara siswa dengan orang tua dan para guru, yang dilanjut dengan acara tampilan seni dan prestasi para siswa di momen perpisahan atau Samenan.

Ditemui wartawan di halaman Desa Cibima, Kamis (23/6/2022) Kepala Sekolah Desa Cibima, Nana Mulyana didampingi Wakil Kepala Desa Cibima bidang kesiswaan, Gina Damayanti, mengatakan jajaran Desa Cibima beserta komite merasa bahagia bisa kembali menggelar Samenan, setelah selama dua tahun di terjang badai pandemi Covid-19.

“Kita sangat senang sekali dan bahagia, karena bisa silahturahmi dengan orang tua siswa, berkumpul pasca pandemi Covid-19. Mudah-mudahan kondisi ini bisa bertahan terus, kita bisa bebas menghirup udara segar,”kata Nana.

Tahun 2022 para siswa lulusan Desa Cibima dikatakan Nana akan melanjutkan ke jenjang SMP baik negeri maupun swasta bahkan ke pondok pesantren. Nana juga memiliki pemahaman yang sama dengan Wali Kota Sukabumi, dimana sekolah semua sama memiliki kualitas.

“Benar kata Pak Wali, kita jangan selaku berpikiran ke sekolah negeri ketika akan melanjutkan jenjang pendidikan. Pada intinya baik sekolah negeri maupun swasta semua sama memiliki kualitas,”ujarnya.

Nana juga mengatakan tentang kelanjutan program sekolah ramah anak yang tengah dijalankan oleh Desa Cibima. Bahkan program tersebut sejauh ini sudah mencapai 85 persen untuk memenuhi indikator sekolah ramah anak.

“Sekolah ramah anak bukan hanya didukung oleh para guru,orang tua dan siswa, bahkan keberadaan petugas Dishub sangat membantu sekali ketika menyambut anak-anak datang ke sekolah di pagi hari,”terangnya.

Sementara itu Gina Damayanti menambahkan Selain program sekolah ramah anak, Nana dan para guru Desa Cibima juga akan konsen dengan kurikulum Merdeka.

“Pada momen Samenan kami juga mengenalkan visi baru yang ada di Desa Cibima yakni siswa cerdas, sehat, berilmu dan berkarakter profil Pancasila,”kata Gina.

Kegiatan Samenan juga dibatasi dengan hanya melibatkan para siswa kelas VI saja termasuk para orang tua, sedangkan siswa kelas I sampai V hari itu diliburkan dahulu. “Hal itu kita lakukan untuk mengantisipasi keramaian atau kerumunan, walau pandemi melandai tetap kita waspada,”ungkapnya.(*)