Wali Kota Pesan Orang tua Jangan Negeri Minded Ketika Siswa Lanjut Sekolah

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi memberi pesan kepada orang tua, ketika akan melanjutkan sekolah anak-anaknya tidak berpikiran Negeri Maindit, atau harus melanjutkan ke sekolah negeri yang dianggap sekolah favorit.

Hal itu disampaikan Fahmi saat menghadiri perpisahan siswa kelas VI, SDN Dewi Sartika CBM (Desa Cibima), Kamis (23/6/2022). “Jangan Negeri Maindit, harus sekolah ke sekolah negeri favorit misalnya anak harus lanjut ke SMPN 1, 2 atau SMPN negeri yang dianggap favorit. Karena orang tua berpikir ketika anaknya tidak sekolah ke sekolah negeri, masa depan anaknya suram,”kata Fahmi usai menghadiri perpisahan sekolah di Desa Cibima.

Karena menurut Fahmi, pendidikan baik sekolah negeri maupun swasta semua setara dan kualitas pendidikan semua bersaing. Sekolah swasta kata Fahmi memiliki kemampuan yang sama. “Jadi ingat masa depan anak kita tidak ditentukan mereka sekolah di negeri atau swasta. Banyak juga sekolah SMP swasta di Kota Sukabumi, maupun menorehkan prestasi-prestasi besar,”ujar Fahmi.

Pada 27 Juni 2022, dikatakan Fahmi akan di mulai tahapan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) secara online berdasarkan laporan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Fahmi juga berpesan agar orang tua ketika akan memasukkan anaknya ke suatu sekolah, melakukan cara-cara yang tidak terpuji.

“Bagaimana mungkin anak bisa hebat, ketika memasuki pendidikan, sudah masuk nilai-nilai kolusi disana. Karena sesuatu yang baik diawali dengan yang baik pula,”terangnya.

Fahmi berharap pelaksanaan PPDB nanti baik tingkat SMP atau SMA menjadi sesuatu yang sangat menorehkan bagi para kepala sekolah, mulai dari tekanan, intervensi yang luar biasa dari berbagai pihak. “Saya titipkan kepada orang tua, mari sama-sama kita didi, latih dan kembangkan potensi anak dan jangan Negeri Maindit sifatnya,”ungkapnya.

Fahmi juga menambahkan, dia menitipkan Desa Cibima kepada jajaran kepala sekolah, guru serta komite sekolah, dimana Desa Cibima memiliki sejarah prestasi yang luar biasa. Bahkan Fahmi juga mengatakan, Pemkot Sukabumi akan membuat desain tempat nunsa sekolah yang berbeda, yang akan dilakukan penataan pasca libur sekolah.

“Semoga Kepala Sekolah baru, Pak Nana bisa semakin mengembangkan potensi prestasi Desa Cibima,”pungkasnya.(*)