๐™…๐˜ผ๐™‚๐˜ผ๐™‡๐˜ผ๐™ƒ ๐™ƒ๐˜ผ๐™๐™„,โ€ฆโ€ฆโ€ฆ.
๐˜‹๐˜ณ ๐˜๐˜Š. ๐˜•. ๐˜™๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต ๐˜—๐˜ณ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ. ๐˜‰.๐˜š๐˜ค.๐˜”๐˜ฆ๐˜ฅ. ๐˜”,๐˜’๐˜ฆ๐˜ด

oleh -

Hati (liver) merupakan organ vital sekaligus paling besar di dalam tubuh kita. Bila terdapat gangguan pada hati, kadang terdapat nyeri pada bagian tersebut. Agar tidak terjadi, yuk ketahui bagaimana cara menjaga kesehatan hati!

Hati berfungsi sebagai pelindung tubuh dari bahaya. Dalam organ ini, berbagai jenis racun, sisa obat, alkohol, dan bahan berbahaya yang diproduksi tubuh diubah menjadi zat yang netral, sehingga menjadi unsur yang dapat diterima oleh organ lain.
Hati akan mengubah zat buangan dan bahan racun untuk disekresi dalam empedu dan urine, membersihkan darah sebelum zat-zat toksin itu mencapai organ tubuh yang peka, misalnya otak fungsi.
Berbagai zat tersebut kemudian akan dikeluarkan melalui ginjal dan usus. Hal ini disebut detoksifikasi.

Dibawah ini Langkah Langkah penjagaan Kesehatan organ Liver secara alami :

๐—ฃ๐—ผ๐—น๐—ฎ ๐— ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—›๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—น, ๐—ง๐—ต๐—ผ๐˜†๐˜†๐—ถ๐—ฏ, ๐—ฆ๐—ฒ๐—ต๐—ฎ๐˜ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ด๐—ถ๐˜‡๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ถ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด
Konsumsi makan Halal, Thoyyib, sehat dan bergizi seimbang juga dapat membantu mencegah hepatomegali, Pengaturan makanan, baik secara jenis dan jumlah yang tepat, dapat membantu hati untuk mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik. Selain itu, kita pun membantu meringankan kerja hati. Fatty liver atau perlemakan hati misalnya, terjadi karena kita tidak mengatur jumlah lemak dan karbohidrat yang kita makan.

๐— ๐—ถ๐—ป๐˜‚๐—บ ๐—”๐—ถ๐—ฟ ๐—ฃ๐˜‚๐˜๐—ถ๐—ต ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—–๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ฝ
Sebagian besar dari tubuh kita terdiri atas air. Itulah mengapa kita kerap mendengar anjuran untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup. Anjuran itu pun memang penting dan wajib dipatuhi. Sebab, air dapat membantu menghilangkan racun dan melakukan proses penyerapan terhadap nutrisi penting. Meminum air dalam jumlah yang diperlukan juga dapat membantu menghilangkan efek samping selama pengobatan atau terapi. Namun, perlu juga diperhatikan jika sudah mengalami sirosis hati, pengurangan cairan malah perlu dilakukan agar tubuh tidak mengandung terlalu banyak cairan.
Dan sebisa mungkin mungkin hindari softdrink dan sejenisnya

๐—๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ผ๐—ป๐˜€๐˜‚๐—บ๐˜€๐—ถ ๐—”๐—น๐—ธ๐—ผ๐—ต๐—ผ๐—น ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐— ๐—ฒ๐—ฟ๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐—ธ !

  • Alkohol dapat menyebabkan pengerutan hati atau sirosis. Dalam jangka panjang, mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kanker hati. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menjaga kesehatan hati, salah satu yang dapat dilakukan adalah menghindari konsumsi alkohol.
  • Demikian juga Rokok, zat kimia racun dalam asap rokok dapat menyebabkan inflamasi dan pada akhirnya sirosis. Merokok juga meningkatkan produksi sitokin, zat kimia yang memperparah inflamasi dan kerusakan pada sel-sel hati. Pengidap hepatitis B dan C yang merokok memiliki risiko tinggi akan terkena kanker hati.

๐—ง๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฆ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ผ๐—ป๐˜€๐˜‚๐—บ๐˜€๐—ถ ๐—ข๐—ฏ๐—ฎ๐˜ ๐—ž๐—ถ๐—บ๐—ถ๐—ฎ

  • Selain menyaring nutrisi-nutrisi dalam darah, hati juga berfungsi untuk mengubah zat obat menjadi aktif atau netral. Banyak obat yang dijual bebas, misalnya obat demam, obat batuk dan suplemen tubuh, dapat menjadi racun bagi hati bila dikonsumsi berlebihan dan tanpa aturan yang jelas. Bila tidak berhati-hati dalam memilih obat atau suplemen, hal tersebut akan memperberat kerja hati. Oleh sebab itu, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum memulai mengonsumsi obat atau suplemen tertentu.

๐—ž๐˜‚๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ถ ๐—•๐—ฒ๐—ด๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป๐—ด/๐˜๐—ถ๐—ฑ๐˜‚๐—ฟ ๐—น๐—ฎ๐—ฟ๐˜‚๐˜

  • tubuh manusia pun demikian. Setiap orang dilengkapi dengan jam biologis alias ritme sirkadian yang akan mengatur segala aktivitas fisik, organ tubuh, mental, serta perilaku yang dilakukan manusia selama 24 jam penuh.
  • Tak hanya itu, jam biologis tubuh juga dirancang sedemikian rupa untuk mengatur proses metabolisme tubuh beserta waktu tidur agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Itu sebabnya, adanya masalah yang membuat jam biologis kacau tentu juga akan menggangu fungsi organ-organ di dalam tubuh.
  • Para peneliti menemukan bahwa pola tidur yang tidak teratur setiap harinya, termasuk kebiasaan sering begadang sampai larut malam dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis. Satu diantaranya berisiko mengakibatkan kanker hati.

๐—ž๐—ผ๐—ป๐˜€๐˜‚๐—บ๐˜€๐—ถ ๐— ๐—ฎ๐—ฑ๐˜‚

  • Konsumsi Madu secara rutin malam sebelum tidur sangat baik untuk organ liver, Hati membutuhkan bahan bakar pada malam hari, jadi madu bisa menjadi pilihan yang sempurna.
  • Ini karena madu akan membuat hati memproduksi glukosa, yang akan memicu pelepasan banyak hormon pembakar lemak. Madu mengandung fruktosa dan glukosa yang sangat baik untuk fungsi hati pada malam hari.

๐—ฅ๐˜‚๐˜๐—ถ๐—ป ๐—•๐—˜๐—ž๐—”๐— 
Manfaat bekam bagi kesehatan dapat membuang racun, angin, dan kolesterol. Terutama yang berkumpul di darah pada lapisan kulit yang sering menjadi penyebab penyakit. Racun, angin, dan kolesterol akan ditarik ke luar dengan cara menyedot darah kotor sehingga darah menjadi bersih. Dengan rutin bekam, maka kerja liver jauh lebih ringan, dan fungsi liver lebih maksimal