KNPI dan PWI Kota Sukabumi Rumuskan Kerjasama Kepemudaan dan Kejurnalistikan

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Jajaran Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sukabumi periode Tahun 2022-2025 melakukan kunjungan dan silahturahmi ke Sekretariat PWI Kota Sukabumi, di Kompleks Gedung Pemuda Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Selasa (21/6/2022).

Dalam kunjungan tersebut, kedua organisasi tersebut diskusi mengenai isu kepemudaan dan kejurnalistikan menjadi pembahasan hangat.

Ketua KNPI Kota Sukabumi terpilih, Gilang Gusmana mengatakan, tujuan kunjungannya itu adalah menjalin silaturahmi. Namun secara khusus, lanjut Gilang, kunjungan ini merupakan rangkaian dari roadshow lintas sektor usai dirinya ditunjuk sebagai ketua terpilih pasca Musda di Gedung Qolbun Salim Kota Sukabumi, Jumat (17/6/2022) lalu.

“Kurang lebih selama 14 bulan terakhir, KNPI dengan segala dinamikanya mewarnai demokrasi di Kota Sukabumi. Banyak pelajaran dan pendewasaan yang kita dapatkan. Namun itu semua usai, sekarang saatnya kita maju dan berkolaborasi untuk sama-sama membangun Kota Sukabumi,” kata Gilang kepada awak media.

Lebih lanjut, Gilang menjelaskan, dalam diskusi bersama jajaran pengurus dan anggota PWI Kota Sukabumi, tercetus gagasan kerjasama untuk penguatan kapasitas kepemudaan, khususnya dalam bidang literasi jurnalistik. Apalagi, menurutnya, di era digital hari ini para pemuda sangat perlu dibekali dengan pengetahuan seputar literasi jurnalistik.

“KNPI sebagai laboratorium kepemudaan, di mana di dalamnya merupakan para pemuda terbaik delegasi OKP-nya masing-masing harus bisa menjawab tantangan masa kini. Karena itu kita perlu menjalin hubungan dan kolaborasi yang baik dengan semua elemen, salah satunya dengan teman-teman wartawan yang tergabung di PWI Kota Sukabumi,” terang Gilang.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Sukabumi Mohammad Satiri mengapresiasi kunjungan tersebut. Kang Riri panggilan akrabnya menilai, kunjungan itu merupakan langkah awal menjalin kerjasama sesuai dengan tupoksi masing-masing. Apalagi, kata Kang Riri semangat KNPI dan PWI sama-sama ingin mewarnai dinamika pembangunan dan demokrasi di Kota Sukabumi.

“Ini merupakan langkah awal bagaimana PWI dan KNPI menjalin sinergitas dan kerjasama dalam membangun Kota Sukabumi. Selama ini PWI dan KNPI memang secara kontinyu menjalin hubungan yang baik. Hal positif ini harus diteruskan,”ungkap Riri.

Jajaran PWI, lanjut Riri siap bekerjasama dengan siapapun termasuk KNPI dalam membangun Kota Sukabumi. (*)