Satu Rumah Ambruk Akibat Pergerakan Tanah di Ciemas

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Satu unit rumah warga ambruk akibat terjadinya pergerakan tanah di Kampung Cihuni, RT 003 RW 007, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Musibah itu terjadi pada Senin (20/6/2022) sekitar pukul 04.00 WIB.

“Terjadinya pergerakan tanah akibat hujan deras yang terjadi di seputar Kecamatan Ciemas, mengakibatkan rumah milik Pak Samsu, ambruk dengan kondisi rusak berat,”kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciemas, Idrus Stansyah ketika dikonfirmasi wartawan via pesan WhatsApp, Selasa (21/6/2022).

Dalam keterangannya Idrus mengatakan, dalam musibah bencana itu tidak ada korban jiwa maupun luka akibat pergerakan tanah tersebut, hanya kerugian materi dan masih dalam kajian.

“Pasca bencana kemarin kami langsung melakukan koordinasi dengan berbagai unsur dan dinas terkait. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terjadi pergerakan tanah susulan,”ujarnya.

Idrus juga mengatakan saat ini di lokasi bencana membutuhkan beberapa kebutuhan mulai dari, sembako, perabotan rumah tangga dan bahan bangunan untuk memperbaiki rumah yang ambruk.

“Untuk sementara kelurahan Pak Samsu tinggal dibangun gubuk kecil, tim juga sudah membersihkan puing-puing bangunan rumah yang ambruk,”ungkapnya. (*)