Bupati : Perda Retribusi PBG dan TKA Bisa Meningkatkan PAD

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri rapat paripurna ke-9 DPRD Kabupaten tentang penyampaian laporan Komisi II dan IV atas Raperda Tentang Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Retribusi Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA). Pada rapat paripurna itu Bupati juga menyampaikan nota penjelasan raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2021.

Setelah disahkannya kedua raperda baik retribusi PBG maupun TKA melalui rapat paripurna, Marwan mengatakan hal itu dapat berdampak positif pada peningkatan kualitas pelayanan, menciptakan ekosistem iklim usaha yang kondusif, mendukung kemudahan berinvestasi, mendorong pertumbuhan industri atau usaha, serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Semoga setelah disahkannya kedua raperda tersebut dapat menjadi solusi untuk peningkatan PAD di Kabupaten Sukabumi,”kata Marwan.

Rapat Paripurna diselenggarakan di Aula Utama DPRD Kabupaten Sukabumi. Senin (20/6/2022), rapat paripurna di pimpin oleh dipimpin oleh Wakil Ketua I Budi Azhar Mutawali, di dampingi Wakil Ketua I M. Sodikin, Wakil Ketua II Yudi Suryadikrama, serta dihadiri unsur Forkopimda, Para Anggota DPRD dan OPD Kabupaten Sukabumi.

Dalam rapat paripurna tersebut, Marwan dalam sambutannya menyampaikan hasil dari audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap laporan keuangan daerah telah diterima pada Jumat 20 Mei Tahun 2022, dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

“WTP yang kita terima merupakan yang ke-8 kali secara berturut-turut, mulai dari tahun 2014 sampai tahun 2022,”terangnya.

Dengan kembali meraih WTP, Marwan menekan semua unsur stake holder terkait agar terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan juga terus memperbaiki kekurangan dan kelemahan agar kedepan dapat mempertahankan Opini WTP tersebut.

“Dari sudut output program dan kegiatannya harus bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi,”ungkapnya. (*)