Bupati : Rakernas Apkasi XIV Ajang Silahturahmi Mencari Solusi Percepatan Pembangunan di Daerah

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) XIV Tahun 2022 di Kabupaten Bogor, Sabtu, (18/6/2022). Rakernas tersebut, membahas berbagai hal yang nantinya dapat disampaikan ke Presiden.

Marwan juga mengatakan, rakernas tersebut menjadi ajang menyampaikan pemikiran seluruh kepala daerah dari kabupaten dimulai dari inspirasi, harapan, hingga kondisi daerah.

“Hasil dari kesepakatan dalam rakernas ini, nantinya bisa disampaikan ke Presiden untuk dijadikan solusi dalam memecahkan persoalan daerah,”kata Marwan.

Dia juga mencontohkan kondisi pasca pandemi yang memerlukan percepatan pemberdayaan, investasi, dan lainnya. Sehingga, hal yang menyangkut kebijakan daerah bisa disinkronkan dengan kebijakan Presiden ataupun Kementerian.

“Rakernas ini, memberikan ruang jawaban tadi,” tuturnya.

Pada rakernas, Marwan juga
menyampaikan sejumlah hal penting, seperti dana bagi hasil (DBH) yang banyak dibahas daerah yang memiliki perkebunan sawit.

“DBH banyak diminta oleh daerah yang memiliki perkebunan sawit. Padahal, DBH lain harus menjadi perhatian. Sebab, DBH hak daerah untuk membangun. Apalagi, salah satu pembangunan daerah dari DBH,” ungkapnya.

Ketua APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, rakernas ini menjadi momentum membangkitkan daerah setelah pandemi yang melanda dunia dalam dua tahun terakhir. Sebab, harapan rakyat berpangku kepada pemerintah.

“APKASI berkomitmen dalam pemulihan ekonomi. Hal itu tentu saja dengan spirit kerjasama. Sebab, pemulihan ekonomi tidak berdiri sendiri. Sehingga, sinergitas harus terus dibuat,” ujarnya. (*)