Penggunaan Produk Dalam Negeri Masih Minim, Pemkab Sukabumi Bentuk Tim P3DN

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Masih minimnya penggunaan produk dalam negeri di Kabupaten Sukabumi,
Sekretaris Daerah (Sekda) Ade Suryaman mengimbau seluruh perangkat daerah untuk memprioritaskan produk dalam negeri sebagai langkah strategis pemulihan ekonomi di daerah.

Hal itu disampaikan Ade, saat memimpin rapat koordinasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Rakor tersebut dilaksanakan  di Pendopo Sukabumi, Selasa (14/6/2022).

“Berdasarkan hasil evaluasi di Kabupaten Sukabumi, masih kecil penggunaan produk dalam negeri yakni di angka 3,99,  hanya dua perangkat daerah yang sudah mencapai 100%,”kata Sekda.

Peningkatan penggunaan produk dalam negeri, lanjut Sekda akan berdampak pula terhadap penumbuhan ekonomi para UMKM di Kabupaten Sukabumi dan bisa membuka lapangan kerja baru.

Berdasarkan keputusan Bupati Sukabumi nomor 530/kep-291disdagin/2022, sudah membentuk tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

“Tim P3DN nantinya mendorong peningkatan penggunaan produk lokal,”ungkapnya.

Sekda juga meminta penggunaan produk dalam negeri harus jadi perhatian bersama untuk membangkitkan produk dalam negeri sekaligus mendongkrak UMKM. Salah satu dibutuhkan kerjasama pula dari setiap stakeholder untuk mencapai hal tersebut.

“Butuh perhatian bersama untuk membangkitkan produk dalam negeri dan juga para UMKM akan terangkat nilai produksinya sekaligus menciptakan lapangan kerja,”pungkasnya. (*)