Dishub Upayakan Kelancaran Arus Lalin di Jalan Dewi Sartika Pasca Relokasi PKL Dago

oleh -
Kadishub (pertama kiri) didampingi Kadiskumindag Kota Sukabumi, Ayi Jamiat (kedua dari kanan)

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi berupaya melakukan pengaturan arus lalu lintas di Jalan Dewi Sartika pasca relokasi PKL di Jalan Dago ke lokasi tersebut. Sejak senin pagi (16/5/2022) puluhan PKL telah berjualan di Jalan Dewi Sartika, karena lapak mereka sebelumnya di Jalan Dago diseterilkan oleh Pemkot Sukabumi beserta jajaran dinas terkait.

Dihubungi wartawan via telepon seluler, Kadishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman mengatakan jajarannya berupaya untuk mengamankan kelancaran arus lalin di Jalan Dewi Sartika.

“Ada kebijakan pemindahan PKL Dago ke Jalan Dewi Sartika sehingga kita mengatur arus lalin di jalan tersebut. Terutama untuk drop off anak sekolah,”kata Abdul.

Upaya dilakukan Dishub diantaranya memberlakukan larangan berjualan untuk para PKL di depan pintu gerbang sekolah minimal 20 meter kiri dan kanan terbebas dari PKL.

“Kita bebaskan 20 meter kiri dan kanan gerbang sekolah untuk drop off,”terangnya.

Sementara itu untuk parkir kendaraan di Jalan Dewi Sartika baik untuk para orang tua siswa yang akan antar jemput anak sekolah maupun masyarakat yang akan kuliner, Dishub mengarahkan di Jalan Perpustakaan yang memang tidak boleh ada lapak PKL.

“Alternatif lokasi parkir lain, kami sedang koordinasi dengan pemilik lain di belakang rumah makan ayam 99, untuk dijadikan lahan parkir,”ujarnya.

Selain itu Dishub juga tetap akan memberlakukan one way di Jalan Dewi Sartika. Sementara itu parkir kendaraan para karyawan Setda Kota Sukabumi yang selama ini parkir di Jalan Dewi Sartika di arahkan ke Jalan Dago.

“Jalan Dago diperuntukkan untuk parkir kendaraan yang tetap menggunakan jalur one way. Sebelah kanan Jalan Dago untuk parkir kendaraan roda empat, dan celukan jalan untuk parkir kendaraan roda dua,”bebernya.

Abdul menambahkan jajarannya akan mengevaluasi kantong-kantong parkir yang harus disediakan.

Sementara itu Kepala Diskumindag Kota Sukabumi ketika dikonfirmasi tentang relokasi PKL apakah bersifat permanen di Jalan Dewi Sartika, hingga saat ini belum memberikan keterangan kepada wartawan Pelitasukabumi.com.

Disisi lain SDN Dewi Sartika CBM belum lama ini telah melakukan deklarasi sekolah ramah anak, keberadaan PKL di seputar area sekolah membuat khawatir para guru dan orang tua. (*)