Kota Sukabumi Jadi Tuan Rumah Pembukaan Forprov Jabar 2022

oleh -

Wartawan Sinyo Nuswantoro
Editor Iyus Firdaus

Kota Sukabumi menjadi tuan rumah pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Tingkat Provinsi Jawa Barat (FORPROV) tahun 2022. Sebanyak 41 cabang olahraga rekreasi difestivalkan dalam festival ini.

Kategori Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK) digelar pada 14-15 Mei 2022 di area Lapangan Merdeka, Sukabumi. Untuk Kategori Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT) akan dilaksanakan di Venue BMX Kabupaten Ciamis pada 21-22 Mei 2022.

Diketahui, cabang olahraga yang dipertandingkan di Kota Sukabumi adalah Senam Tera Indonesia, Kempo, Sepeda BMX, dan Pencak Silat. Adapun venue pertandingan untuk keempat cabor ini adalah kawasan Lapang Merdeka, Gedung Pusat Kajian Islam, Gedung Juang, dan arena futsal Liverpool.

Festival olahraga rekreasi ini digelar di empat Kabupaten/Kota di Jawa Barat pada Mei dan Juni. Sementara itu, untuk kategori Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) bertempat di Kabupaten Sumedang pada 11-12 Juni 2022. Sebagai penutup dari  rangkaian acara festival olahraga tersebut  akan diselenggarakan juga pertunjukan “Ninja Warrior”di Lapangan Sabilulungan Kabupaten Bandung pada 18-19 Juni 2022.

Festival Olahraga Rekreasi Tingkat Provinsi Jawa Barat  dilaksanakan secara sinergis oleh Dispora Provinsi Jawa Barat dengan KORMI Jabar, Dinas Pemuda dan Olahraga Kab/Kota, KORMI Kab/Kota, dan Induk-Induk Cabang Olahraga Rekreasi di Jawa Barat.

Kepala Dispora Provinsi Jawa Barat Asep Sukmana mengatakan tujuan dari pelaksanaan FORPROV 2022 adalah pertama, untuk menyelenggarakan festival olahraga rekreasi yang berjenjang dan berkelanjutan di tingkat daerah, nasional dan internasional.

Selanjutnya guna memassalkan olahraga sebagai upaya pengembangan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran, kegembiraan, dan hubungan sosial.
Selanjutnya, menggali, mengembangkan, dan melestarikan olahraga rekreasi sebagai budaya dalam masyarakat dan yang terakhir untuk mempersiapkan atlet-atlet yang akan menuju ke Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) 2022 di Palembang.

Sedangkan untuk venue pertandingan di GOR Merdeka Lantai 2 kawasan Lapang Merdeka digelar festival senam yang diikuti anggota Asosiasi Instruktur Aerobik dan Fitnes Indonesia (ASIAFI) Jabar.

“Sebanyak 113 peserta mengikuti tiga nomor lomba di GOR Merdeka dengan kategori antara lain Aerobic 35 tahun ke atas diikuti 64 peserta, Aerobic 35 tahun ke bawah diikuti 42 peserta dan Instruktur Profesional diikuti tujuh peserta,” ujar Dhara Regiana, panitia festival senam saat ditemui di GOR Merdeka.

Lebih lanjut Dhara mengatakan, masing – masing nomor lomba dilakukan penyisihan dan kemudian final.  “Khusus nomor lomba Instruktur Profesional panitia langsung melakukan final karena pesertanya sedikit, sedangkan untuk dua nomor lomba lainnya tetap dilakukan penyisihan dan kemudian final masing – masing diambil sekira 15-20 finalis,” beber Dhara pada awak media.

“Seleksi lomba ini luar biasa apalagi kategori instruktur, setiap peserta harus mengikuti selama satu jam, sangat menguras tenaga,” ujar Yusuf Almukorobin (26) alias Ucup, perwakilan Kota Bogor. 

Ucup berharap dengan mengikuti festival ini bisa masuk nominasi tiga besar dan menjadi perwakilan Jawa Barat ke FORNAS Palembang. “Semoga bisa lolos dan mewakili Kota Bogor ke Palembang,” harapnya.

Sedangkan menurut Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi, gelaran ini diharapkan bisa membangkitkan ekonomi Kota Sukabumi.  “Alhamdulillah Kota Sukabumi jadi tuan rumah OKK yang dihadiri sebanyak 27 Kabupaten/Kota. Kegiatan ini pun sudah dikonsultasikan dengan melakukan protokol kesehatan,”kata Fahmi. (*)