Dorong Motor Trail Warna Merah di Jalan Raya, ODGJ Nyaris Dihakimi Warga Disangka Pencuri

oleh -

Wartawan Awan
Editor Iyus Firdaus

Seorang pria tanpa identitas, terpaksa diamankan jajaran petugas Polsek Lembursitu. Hal tersebut dikarenakan, adanya dugaan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor, Rabu (13/04/2022). Namun setelah diperiksa, orang tersebut dinyatakan Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGJ).

Kapolsek Lembursitu AKP Dedi Suryadi menuturkan kronologi kejadian berawal ketika adanya laporan warga yang mencurigai seorang pria kedapatan sedang mendorong satu unit motor di Jalan Pelabuan II KM 5, Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Rabu (13/4/2022) sekitar pukul 06.30 WIB.

Kendaraan motor yang didorong ODGJ melalui gang sempit lalu menuju sawah

“Jadi warga curiga melihat orang tersebut sedang mendorong motor memasuki gang sempit lalu menuju sawah. Kemudian, warga yang melihatnya mendorong motor, langsung menginterogasi orang tersebut,” ujar Dedi kepada pelitasukabumi.com.

Pada saat ditanya, lanjut Dedi, jawaban orang tersebut ngawur, tidak nyambung dengan pertanyaan. Lalu akhirnya warga melapor kepada petugas Polsek Lembursitu. Setelah petugas datang ke lokasi kejadian, lalu dilakukan pemeriksaan terhadap orang tersebut, dan memang terlihat seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Warga yang melihatnya mendorong motor, langsung menginterogasi orang tersebut.

“Kami juga tidak langsung memutuskan yang bersangkutan gangguan jiwa atau tidak. Oleh karena itu, untuk memastikan kebenaran penyakitnya, kami membawanya ke RSUD R Syamsudin SH untuk menjalani pemeriksaan medis,” tambah Dedi.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan bahwa seteleh dilakukan pemeriksaan medis oleh dokter ahli kejiwaan, didapati hasil keterangan medis yang menerangkan bahwa yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa.

“Hasil dari dokter Tomi Hermansyah di RSUD R Syamsudin SH menerangkan bahwa yang bersangkutan gangguan jiwa. Lalu dokter menyarankan agar yang bersangkutan dibawa ke Dinas Sosial Kota Sukabumi untuk ditangani lebih lanjut,” pungkasnya.(**)