Polisi Bantah Video Viral di Subangjaya Terkait Pembegalan, Berikut Kejadian Sebenarnya

oleh -

Wartawan Awan
Editor Iyus Firdaus

Polisi beberkan kronologi dan membantah kejadian tersebut adalah bukan tindak pidana pembegalan akan tetapi kejadian tersebut merupakan tindak kejahatan yang tidak sempat terjadi.

Kapolsek Cikole, Kompol Nanang Rahmat Subarna berikan keterangan terkait kejadian viral di Kampung Subangjaya, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, remaja yang membawa senjata tajam jenis celurit yang diteriakan begal dan tertangkap warga.

Pelaku ZN saat dibawa petugas ke Mapolsek Cikole

“Pada waktu kejadian awal, tersangka ZN (20) bersama temannya mendekati seorang perempuan yang sedang memegang handphone dengan menggunakan sepeda motor sambilbmengacungkan celurit. Lalu si perempuan itu langsung berteriak dan tersangka langsung kabur karena mendengar teriakan tersebut,” ujar Subarna saat memberikan keterangan di kantornya, Jumat (8/4/2022).

Lebih lanjut Subarna mengatakan bahwa pelaku berjumlah dua orang, satu orang dapat diamankan dan yang satu masih dalam pencarian. Ketika ditanya apakah ada keterkaitan dengan geng motor sesuai video yang beredar, Subarna mengatakan bahwa untuk masalah itu pihaknya masih mendalaminya.

“Tersangka sempat diamankan warga dan dilaporkan kepada babinkantibmas, setelah datang dan dibawa ke Polsek Cikole. Waktu kejadiannya seteah buka puasa sekira pukul 18.45 WIB, tidak lama setelah waktu berbuka puasa,” tambah Subarna.

Adapun latar belakangnya, lanjut Subarna, tersangka menginginkan sesuatu pada seseorang perempuan yang belum menjadi korbannya. Untuk pasal yang disangkakannya adalah pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata tajam yang ancamannya 10 tahun penjara.

“Antisipasi dari pihak kepolisian untuk kejadian ini dapat dicegah sedini mungkin dengan tetap melaksanakan patroli berulang baik siang ataupun malam untuk mencegah hal-hal serupa akan timbul kembali,” pungkas Subarna.

Sebelumnya beredar viral unggahan video penangkapan remaja yang diteriakan begal oleh warga. Pada penangkapan tersebut warga sempat mengejar kedua pelaku yang akhirnya bisa amankan dan diserahkan ke pihak kepolisian.(**)