Polisi Bongkar Sabu 24,4 Kilogram Jaringan Sumatra, 2 Tersangka Kurir Ditangkap di Cicurug

oleh -

Wartawan Awan
Editor Iyus Firdaus

Narkotika jenis sabu seberat 24,479 kilogram berhasil digagalkan peredarannya oleh Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Sukabumi. Sebanyak 2 orang tersangka yang berperan sebagai kurir diamankan dalam kasus ini.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah dalam konferensi pers pengungkapan kasus pengedaran narkoba di halaman Mapolres Sukabumi, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (7/4/2022) sore.

Narkotika jenis sabu seberat 24,479 kilogram berhasil digagalkan peredarannya oleh Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Sukabumi.

“Terima kasih pak Kasat Narkoba, Unit Narkoba atas kinerjanya yang berhasil menggagalkan dan menangkap 2 tersangka yang merupakan kurir dari pengendali narkoba jenis sabu yang sekarang menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang) pihak kepolisian,” ujar Dedy kepada pelitasukabumi.com.

Kasus ini diungkap, lanjut Dedy, di Kampung Caringin, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu (30/3/2022) sekira pukul 01.30 WIB beberapa waktu lalu. Kedua tersangka yang diamankan berinisial YS (34) dan YH (23).

Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah dalam konferensi pers pengungkapan kasus pengedaran narkoba

“Jika dirupiahkan barang bukti sabu tersebut senilai Rp29.374.800.000. Pasal yang dikenakan yaitu Pasal 114 (2) dan atau Pasal 112 (2) dan atau Pasal 132 (2) Undang-undang Republik Indonesia No 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” ujar Dedy menambahkan.

Lebih lanjut Dedy mengatakan bahwa adapun untuk ancaman hukumannya berupa penjara minimal 5 tahun atau 20 tahun atau seumur hidup. Untuk modus yang dijalankan para tersangka dalam bertransaksi dengan bertemu langsung atau face to face.

“Narkoba jenis sabu ini direncanakan akan diedarkan di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta perbatasan wilayah seperti Bogor dan Cianjur. Alhamdulillah pada bulan Ramadhan ini kita bisa menggagalkan peredaran narkoba dan mudah-mudahan bisa menambah kekhusyukan beribadah,” pungkas Dedy.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Sukabumi, AKP Kusmawan mengatakan bahwa kedua tersangka merupakan pengedar narkotika jaringan Sumatra yang beroperasi di wilayah Sukabumi dengan narkotika jenis sabu-sabu.

“Penyelidikan telah dilakukan kurang lebih hampir tiga pekan dan melakukan propeling setelah mendapat informasi masuk melalui jalur darat dari wilayah Sumatera ke wilayah Bogor kemudian dibawa masuk ke wilayah Sukabumi,” ujar Kusmawan.

Menurut keterangan para tersangka, lanjut Kusmawan, dari barang bukti yang didapat kurang lebih 3 kg sudah sempat diedarkan. Para tersangka sudah yang kedua kali dalam melakukan peredaran hingga akhirnya terungkap. Sementara sebagai pengendali sedang dalam pengejaran kepolisian dan telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).(**)