Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi Gencar Lakukan Pembinaan JDIH

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Begitu pentingnya Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di daerah, Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi terus gencar melakukan pembinaan JDIH kepada perangkat daerah di tingkat Kelurahan.
Disisi lain pengelolaan JDIH Pemkot Sukabumi telah meraih prestasi di tingkat nasional yang di raih belum lama ini.

“Alhamdulillah pengelolaan JDIH di Kota Sukabumi juara pertama tingkat nasional, untuk itu kami terus semangat memberikan sosialisasi kepada perangkat daerah agar bisa lebih paham ketika informasi JDIH dibutuhkan oleh masyarakat,”kata Kepala Subbagian Dokumentasi dan Informasi Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Tri Sari Setiati, usai menggelar sosialisasi dan pembinaan JDIH, di Balaikota SUkabumi. Selasa, (29/3/2022).

Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi terus gencar melakukan pembinaan JDIH kepada perangkat daerah di tingkat Kelurahan

Dalam kegiatan sosialisasi JDIH melibatkan 40 orang pengelola JDIH untuk tingkat Kelurahan dan Kecamatan. Kegiatan tersebut kata Tri, sebagai rangkaian ajang penilaian JDIH di tingkat Provinsi Jawa Barat untuk tahun 2022, dengan menghadirkan narasumber dari Biro Hukum dan HAM Provinsi Jabar.

“Kami hadirkan narsum biro hukum dari Provinsi Jabar, biar para pengelola JDIH baik di Kelurahan maupun Kecamatan paham akan pentingnya JDIH dalam pemerintahan,”ujarnya.

Diakui Tri, bagian hukum Setda Kota Sukabumi masih mengalami kelemahan dalam penilaian JDIH tahun ini, salah satu faktor masih di kondisi pandemi Covid-19 pihaknya tidak bisa melakukan sosialisasi dan penyuluhan hukum kepada masyarakat secara langsung.

“Sebelum ada pandemi Covid-19 penyuluhan dan sosialisasi hukum kita berikan langsung kepada masyarakat, semoga saja Covid-19 segera berakhir dan kami bisa bersosialisasi kembali,”ungkapnya.

Walau sosialisasi penyuluhan hukum tidak bisa dilaksanakan, namun lanjut Tri jajarannya tetap menyerahkan produk-produknya hukum terbaru diantaranya Peraturan Daerah (Perda) yang telah disahkan selama tahun 2021, baik kepada para SKPD sampai ke tingkat Kelurahan, yang nantinya bisa di informasikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Semua produk-produk hukum selama tahun 2021 yang telah disahkan melalui rapat paripurna dewan, telah kita sebar ke perangkat daerah lain,”ungkapnya.

Sementara itu narasumber dari biro hukum Jabar, Beni Ruhiman mengatakan bahwa pengelolaan JDIH yang dilakukan bagian hukum Setda Kota Sukabumi sudah bagus, bahkan sering dijadikan contoh bagi pengelola JDIH di Indonesia.
Namun Beni terus mengimbau ke bagian hukum agar terus mengenalkan JDIH kepada masyarakat luas.

“Untuk sarana dan prasarana JDIH di Kota Sukabumi sudah sangat bagus, hanya lebih dikenalkan lagi keberadaan JDIH kepada masyarakat, dan itu menjadi PR kedepannya,”kata Beni. (***)