Partai Gelora Salurkan Sembako pada Warga Korban Pergerakan Tanah di Pasirsuren

oleh -

Wartawan Agus Setiawan
Editor Abil

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gelora Kabupaten Sukabumi, menyalurkan bantuan Sembako dan santunan kepada warga terdampak pergerakan tanah di Kampung Nyalindung, Desa Pasirsuren, Kecamatan Palabuhanratu, Senin (14/03/2022).

Kepada wartawan, Kepala Bidang (Kabid) Advokasi Hukum dan HAM DPD Partai Gelora Kabupaten Sukabumi, Tusyana Priyatin, S.H. mengatakan, kegiatan kunjungan dan pemberian santunan itu untuk membantu meringankan beban warga setempat.

Mengingat, kata dia, sejak musibah itu terjadi pada Maret 2021 lalu hingga berstatus darurat pada Maret 2022, retakan tanahnya terus meluas. Dampaknya, secara perlahan membuat beberapa rumah warga kondisinya makin parah.

“Kami sangat prihatin dan berduka atas musibah pergerakan tanah ini. Beruntung tidak ada korban jiwa. Untuk meringankan beban warga, Alhamdulillah ada rezeki lebih yang bisa kami berikan. Mudah-mudahan bermanfaat, kata Tusyana.

Dalam kunjungan itu, pihaknya tidak sendiri. DPD Partai Gelora bekerja sama dengan Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Laskar Merah Putih (LMP) berbagi rezeki di lokasi pergerakan tanah Pasirsuren.

Bersama Bapera LMP, Tusyana juga mengingatkan warga untuk tetap waspada menyikapi status darurat pergerakan tanah di Pasirsuren. Selain itu, dia juga berharap warga pro aktif mencari informasi update terkait pergerakan tanah di wilayahnya agar terhindar dari bahaya yang selalu mengintai keselamatan warga.

Sementara kepada pihak terkait Tusyana berharap, ada tindakan antisipasi untuk menghindari korban jiwa dengan cara mengungsikan warga ke tempat yang lebih aman.

“Kita lihat pergerakannya masih ada kendati perlahan dan tidak begitu signifikan. Kami berharap, warga yang terdampak parah diungsikan untuk antisipasi apalagi sekarang musin hujan. Kami hanya takut ada hal yang tidak diinginkan karena faktanya banyak rumah warga retak dan ambruk,” ungkap Tusyana.(*)