Meriahkan HPN 2022, PWI Jabar Selenggarakan Lomba Video Konten Kreatif

oleh -

Siaran Pers PWI Jawa Barat

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 dengan nenyelenggarakan berbagai lomba dan kegiatan, salah satunya lomba “Reels Instagram Challenge (Video Konten Kreatif)” bertema ‘Jauhi Gibah Perangi Hoaks’. Lomba ini membawa misi yang secara substansi mengajak masyarakat Indonesia untuk menjauhi berita-berita bohong.

Lomba Video Konten Kreatif memperebutkan hadiah dengan total jutaan rupiah. Perlombaan ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Peserta merupakan individu atau kelompok (maksimal 3 orang). Para calon peserta dapat mendaftarkan diri dan mengirimkan karya videonya melalui laman:  http://forms.gle/z1ZH9kP7V8CrGfyQ8

Ketentuan lainnya, satu akun Instagram maksimal mengirimkan 3 Instagram reels/feed. Karya video konten yang diikutsertakan dibuat dengan durasi 30-60 detik, rasio 9:16 atau 16:9. Kreasi diupload di akun sendiri dan wajib follow instagram@pwijawabarat. Setiap peserta wajib mengupload Instagram Reels di feeds dan Instastory dengan menandai akun @pwijawabarat dengan hastag #HPNJabar2022 #haripersnasional #pwijabar .

Selain itu, peserta wajib tag 5 teman instagram. Akun Instagram peserta tidak dalam mode private untuk mempermudah proses penilaian. Panitia akan melakukan penilaian kepada para peserta yang sudah mengupload Instagram reels/feed dan sudah memfollow Instagram @pwijawabarat dengan hastag #HPNJabar2022 #haripersnasional #pwijabar . Setiap peserta lomba direpost akun resmi PWI Jawa Barat.

Koordinator lomba Rosyid E. Abby dan Heni Suhaeni menandaskan, karya yang dilombakan tidak mengandung SARA, etnis, pornografi, kampanye politik, serta pesan negatif dan menyerang kelompok tertentu.

Selain itu, karya harus orisinal/tidak melanggar hak cipta, dan belum pernah diikutsertakan/dimenangkan dalam lomba serupa, juga belum pernah ditayangkan di media manapun. “Bila mana nanti diketahui ada peserta yang melanggar ketentuan itu, kami terpaksa akan mendiskualifikasi peserta tersebut,” ujar Rosyid E. Abby.  

Kriteria penilaian lomba meliputi kesesuaian video konten dengan tema, inovasi, kreativitas, orisinalitas isi konten video, edukasi/pesan yang disampaikan, kualitas gambar, pencahayaan, dan tata suara.

Heni Suhaeni menambahkan, panitia akan melibatkan dewan juri dari unsur PWI Jawa Barat, Forum Film Bandung (FFB), dan praktisi/komunitas film Jawa Barat. “Kami akan melibatkan orang-orang berkompeten di bidangnya untuk dewan juri. Mereka akan menilai karya peserta dengan profesional,” ucap Heni Suhaeni.

Dari penilaian tersebut, dewan juri akan menentukan Juara I, II, dan III. Sementara untuk Juara Favorit, nantinya akan diraih oleh peserta yang terbanyak mengumpulkan vote/like dan view pada Instagram Reels di feeds dan Instastory-nya.

Pemenang lomba akan diumumkan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) PWI Jawa Barat yakni pertengahan Maret 2022 dan akun instagram @pwijawabarat. Para juara akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah dan sertifikat.

Karya yang diikutsertakan menjadi hak milik peserta, namun panitia berhak menggunakannya untuk kepentingan publikasi dan edukasi. (*)