Semarakkan HPN 2022, PWI Jabar Gelar Lomba Menulis Artikel bagi Jurnalis

oleh -

Rilis PWI Jawa Barat

Memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat (Jabar), menggelar lomba karya jurnalistik berupa penulisan artikel atau opini.

Kejuaraan ini mengusung tema ‘tantangan media di tengah Pandemi Covid-19’ dengan peserta para insan pers se-Jabar yang bekerja di media nasional maupun lokal, baik cetak, online, radio, maupun televisi.

Artikel yang dilombakan harus terlebih dahulu dimuat di media masing-masing atau media lain dalam kurun waktu 25 Januari 2022-28 Februari 2022. Jumlah karya yang dikirimkan setiap peserta maksimal 2 artikel.

Karya  jurnalistik yang diikutkansertakan merupakan lomba karya jurnalistik berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Para peserta harus mengirimkan salinan/scan kartu pers, scan KTP, dan nomor telepon. Karya jurnalistik dikirim melalui alamat email : lombajurnalistikpwijabar@gmail.com.  

Teknisnya, setiap peserta jangan lupa mencantumkan kategori tulisan dengan huruf KAPITAL dalam subjek email diikuti nama lengkap, nama media, tanggal dimuat. (Contoh : OPINI, Pulan, transjabar.com, Dimuat 21 Februari 2022). Untuk informasi lebih lanjut atau narahubung Jejep Falahul Alam (085221599942) dan Gyok Riswoto (081222155500).

Dewan juri sendiri  berasal dari kalangan profesional yaitu  Ketua PWI Provinsi Jawa Barat, praktisi pers, akademisi, dan ahli pers.

Pemenang lomba akan diumumkan bersamaan dengan puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) PWI Jawa Barat, Maret 2022 dan akun instagram @pwijawabarat.

Keputusan dewan juri mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak melayani surat-menyurat. Namun panitia berhak membatalkan pemenang jika di kemudian hari ditemukan bukan karya asli. Hadiah maupun piagam penghargaan pun akan ditarik kembali.

Koordinator Lomba Karya Jurnalistik Jejep Falahul Alam menjelaskan, guna menjaga kenetralan saat dilakukan penjurian, panitia tidak akan memperlihatkan identitas kepesertaan dan medianya.

Maka dari itu, setiap peserta diharapkan mengirimkan karya tulisnya dalam format MS Word. Sedangkan bukti siaran dapat dikirimkan dalam format PDF atau JPG.  “Tulisan lomba harus asli karya sendiri, bernilai, inovatif, inspiratif, bermanfaat, dan bukan plagiat,” tegasnya.

Mengenai kriteria penilian lomba artikel atau opini ini, lanjut dia, tulisan karya harus mampu memberikan informasi yang akurat dan berimbang. Termasuk harus dapat memberikan gagasan atau ide-ide yang inspiratif sekaligus kritik yang membangun.

“Objektivitas, kedalaman, dan kelengkapan materi itu pun menjadi bahan penilian dari dewan juri,” ucapnya.

Jejep menambahkan, tujuan utama dari penyelengaraan lomba karya jurnalistik ini, bukan hanya sekedar perlombaan yang pada umumnya dilakukan. Namun yang terpenting, memberikan apresiasi atas gagasanya maupun karyanya, dalam menyikapi tantangan media di tengah Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan dua tahun ini.

“Kegiatan lomba menulis artikel ini dimaksudkan untuk memeriahkan HPN PWI Jabar tahun 2022. Tujuannya melestarikan budaya literasi, mengedukasi masyarakat, serta mengurai tantangan media di masa pandemi Covid-19, sekaligus memberikan solusi atas persoalan tersebut,” paparnya. (*)