Wali Kota Harapkan Tahun Depan Terwujud Masyarakat Unggul dan Sejahtera

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi ketika meresmikan Musrenbang tingkat Kecamatan Baros.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi mengharapkan tema besar pembangunan yakni mencapai kualitas kehidupan masyarakat yang unggul dan sejahtera dapat tewujud pada tahun 2023. Dengan demikian, di akhir tahun masa jabatannya itu, dia Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami telah dapat menuntaskan semua janjinya. 

Harapan Fahmi itu disampaikan saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk 2023 tingkat Kecamatan Baros di Kantor Kecamatan Baros, Rabu (26/1/2022). Musrenbang dipandu oleh Bappeda Kota Sukabumi dengan Camat Baros Sumiarto sebagai tuan rumahnya.

”Pada tahun 2023, genap 5 tahun kepemimpinan Achmad Fahmi dan Andri Hamami. Mudah-mudahan tema besar sudah terwujud dan semua program dapat diselesaikan,” kata wali kota.

Pasangan Fahmi-Andri Hamami (Faham) melaksanakan pogramnya pada tahun 2019, 2020, 2021, dan 2022, dan nanti tahun 2023. Menurutnya, program dan kegiatan strategis yang akan dituntaskan penyelesaiannya pada 2023 hanya berupa sentuhan akhir saja.

“Semua kegiatan pembangunan di 2023 baik tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan ditujukan untuk peningkatan kualitas di berbagai sektor guna mewujudkan masyarakat yang unggul sesuai bidang dan sejahtera dalam aspek kehidupan,” tuturnya.

Pembangunan, lanjut dia, harus ada proses dalam bentuk perencanaan mulai musrenbang kelurahan dan musrenbang kecamatan yang nantinya dilanjutkan dengan musnrebang tingkat kota untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Sukabumi tahun 2023.

Pada Musrenbang tingkat Kecamatan Baros, didapat keputusan berupa usulan  kegiatan pembangunan yang sifatnya fisik dan nonfisik. Wali kota mengharapkan, usulan tersebut dapat disinkronkan untuk mendapatkan alokasi anggaran pada 2023 nanti. (*)