Aksi Karang Taruna Cidahu Berbuah Manis, Jembatan Cicewol Diperbaiki Tahun Ini

oleh -
Para peserta musyawarah sepakat dengan keputusan Jembatan Cicewol akan diperbaiki oleh pemerintah pusat pada tahun 2022.

Wartawan Reno Erwan Rusmawan

Editor Wawan AS

Aksi yang digelar Karang Taruna Kecamatan Cidahu di Jembatan Cicewol, Desa Babakanpari, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi akhirnya berbuah manis. Para peserta aksi mendapat kepastian dari Pemda Kabupaten Sukabumi, Jembatan Cicewol akan diperbaiki tahun ini dengan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp4 miliar.

Informasi adanya perbaikan Jembatan Cicewol didapat para peserta aksi dalam musyawarah bersama para pejabat terkait di Balai Desa Babakanpari. Keputusan pada musyawarah itu sesuai dengan tuntutan Karang Taruna dan sejumlah organisasi kepemudaan lainnya yaitu mereka menginginkan perbaikan Jembatan Cicewol.

Pimpinan aksi, H. Yosep mengatakan, kondisi Jembatan Cicewol sudah rusak parah. Di jembatan ini sering terjadi kecelakaan. Jika jembatan dibiarkan, kata Yosep, bukan tidak mungkin akan terjadi kecelakaan terus-menerus. Jembatan Cicewol merupakan akses ke tiga wilayah kecamatan yaitu Cidahu, Cicurug, dan Parungkuda. 

“Kami menuntut perbaikan jembatan ini harus sudah dilaksanakan selambat-lambatnya bulan Mei 2022,” kata Yosep. 

Aksi berawal pada pukul 09.00 WIB waktu mana para pemuda berkumpul di Jembatan Cicewol. Setelah itu berdatangan para pejabat kecamatan dan Pemkab Sukabumi. Selepas tengah hari, tercapai kesepakatan untuk menggelar musyawarah di Balai Desa Babakanpari.

Di tempat musyawarah tampak hadir para pejabat kabupaten antara lain Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi H. Deni Gunawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum H. Asep Japar, dan Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBP Yudistira.

Selain itu hadir pula Camat Cidahu Jenal Abidin, Danramil Parungkuda Kapten Feri Yanto Permana, Kapoksek Cidahu Iptu Ahmad Suryana Bande, Kepala Desa Babakanpari Iwan Gunawan, H. Yosep, dan perwakilan peserta aksi lainnya.

Musyawarah itu menghasilkan dua keputusan penting. Pertama, Dinas PU Kabupaten Sukabumi pada tanggal 15 Februari 2022 akan melaksanakan kegiatan pemeliharaan Jembatan Cicewol yaitu berupa pemasangan pagar pengaman di kanan dan kiri jembatan.

Keputusan kedua, BPBD Kabupaten Sukabumi akan terus berkoordinasi dengan BNPB untuk memastikan realisasi pembangunan Jembatan Cicewol pada tahun 2022.

Dalam penjelasannya kepada wartawan, Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar mengatakan, pmerintah pusat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp4 miliar untuk memperbaiki Jembatan Cicewol. Sudah ada pembicaraan, pembangunannya akan dilaksanakan oleh BNPB. (*)