Kecamatan Surade Mendapat Jatah Renovasi RTLH untuk 12 Unit

oleh -
Kepala Desa Sukatani H. Ijrop Pranoto (kanan) menyampaikan terima kasih kepada TKSK Surade Saepul Hidayat, S.IP. atas bantuan renovasi RTLH untuk warganya.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi mengalokasikan anggaran renovasi 12 unit RTLH (rumah tidak layak huni) di Kecamatan Surade. Untuk itu TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Surade, Saepul Hidayat, S.IP.  mengajukan 12 calon nama penerima ke Dinsos Kabupaten Sukabumi.

“Sebelumnya kami telah melakukan survei lapangan untuk menentukan kelayakan calon penerima bantuan renovasi rumah. Semua calon penerima bantuan masuk kategori lanjut usia dan tidak mampu,” kata Saepul kepada wartawan di rumahnya di Kampung Ciburial, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Rabu (26/1/2022).

Para calon penerima bantuan renovasi RTLH itu berasal dari 6 desa. Sebanyak 3 orang dari Desa Buniwangi yang terdiri dari Uci Sanusi di Kampung Ciburial RT 06 RW 02 , Cece di Kampung Sindangjaya RT 19 RW 13, dan Titin di Kampung Curugmalang RT 07 RW 01.

Selanjutnya Desa Jagamukti 2 orang, Desa Kakdaleman 1 orang, Desa Warnasari 2 orang, Desa Sirnasari 2 orang, dan Desa Sukatani 2 orang.

“Alhamdulillah pengajuan kami  mendapatkan respon dari Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. Semua calon penerima bantuan yang telah disetujui akan diprioritaskan  tahun ini,” kata Saepul yang akrab disapa Belu.

Di Kecamatan Surade  terdapat 11 desa dan 1 kelurahan. Tahun ini program renovasi RTLH untuk 6 desa, desa yang lainnya diprioritaskan pada tahun depan. Bantuan yang diterima tiap pemilik RTLH sebesar Rp10 juta.

Di tempat terpisah, Kades Sukatani H. Ijrop Pranoto menyatakan bahagia atas adanya program renovasi di desa yang dipimpinya. Di Desa Sukatani ada dua orang lansia yang menerima bantuan.

“Semua ini berkat kerja keras dan perjuangan TKSK Surade. Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Belu selaku TKSK,” ujar Ijrop. (*)