HUT ke-41 PPM di Surade Berlangsung Sederhana dan Khidmat

oleh -
Ketua PPM Kabupaten Sukabumi (berjanggut putih) menyerahkan material bangunan kepada Bapak Ucup (berpeci kuning) Ketua LVRI Ranting Jampangkulon didampingi Bung Willy (kiri), Bung Wawan, dan Bung Mardani (kanan).

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Keluarga besar Pemuda Panca Marga (PPM) Cabang Kabupaten Sukabumi menggelar HUT ke-41 PPM di Sekretariat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Ranting Surade, Ahad (23/1/2022). Pada kegiatan HUT tersebut, pengurus PPM Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti bakti sosial, pemberian santunan, dan sarasehan.

Kegiatan bakti sosial berupa pemberian santunan kepada janda veteran dan renovasi sekretariat LVRI Ranting Jampangkulon. Adapun acara sarasehan dirangkaikan dengan renungan dan refleksi di Pantai Ujunggenteng.

Selain itu ada kegiatan silaturahmi yang melibatkan pengurus dari ranting Kecamatan Surade, Ciracap, Kalibunder, Jampangkulon, Ciemas, dan Waluran.

“Kita harus mengedepankan kesolidan pengurus cabang dan ranting, rapatkan barisan, dan tingkatkan konsolidasi serta silaturahmi untuk menyongsong Sukabumi yang lebih baik,” kata Ketua Pengurus Cabang PPM Kabupaten Sukabumi, Pay Agustian atau akrab disapa Ki Kumpay pada acara HUT ke-41. 

Pada kegiatan tersebut, Ki Kumpay juga membagikan atribut PPM kepada anggota. Bersamaan dengan itu dilakukan pembagian bingkisan oleh Ati Septiani atau Ambu Epon yang tiada istri dari Ki Kumpay kepada anggota Piveri (Persatuan Isteri Veteran Republik Indonesia) dan janda veteran.

Pay berpesan kepada semua pengurus dan anggota PPM di Kabupaten Sukabumi untuk mendoakan para pemimpin bangsa mulai tingkat RT sampai Presiden agar mereka dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya. Dia mengajak seluruh keluarga besar PPM Kabupaten Sukabumi untuk berdoa bagi keselamatan bangsa yang sedang dilanda musibah wabah Covid-19.

“Kita sebagai warga masyarakat harus turut membantu upaya pemerintah dalam menghentikan wabah ini dengan cara mengikuti anjuran pemerintah yakni selalu menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Pesan lainnya, keluarga besar PPM Kabupaten Sukabumi jangan pernah melupakan sejarah. Sebagai anak cucu pendiri RI, anggota PPM mewarisi darah pejuang yang tidak pernah mengenal lelah untuk berbakti kepada nusa dan  bangsa. Hendaknya, ujar dia, anggota PPM tidak mudah terprovokasi oleh upaya memecah belah bangsa.

“Mari kita bersatu untuk mewujudkan cita-cita para pejuang khususnya pejuang kemerdekaan RI,” ajak Pay. 

Sebelumnya keluarga besar PPM Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan ziarah ke makam para mantan ketua PPM antara lain H. Hamami Drajat yaitu ayahanda dari Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dan Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami. Kemudian ke makam Paul Jan Kalesaran dan Kolonel (Purn) Anumerta Abu Bakar yang merupakan salah satu tokoh pejuang Sukabumi.

Sementara dalam pembicaraan melalui telepon seluler dengan Ki Kumpay, Ketua Dewan Pertimbangan PC PPM Kabupaten Sukabumi yang juga Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, dari dulu PPM selalu melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ayahnya yakni H. Hamami Drajat, ujar Marwan, selaku pendiri PPM di Kabupaten Sukabumi pada tahun 1982 selalu berperan aktif dengan masyarakat dan stakeholder dalam pembangunan di daerah terpencil melalui berbagi program seperti kemah karya dan huma karya.

“Saya selaku Ketua Dewan Pertimbangan meminta keluarga besar PPM Kabupaten Sukabumi jangan berhenti untuk terus melakukan yang terbaik buat keluarga besar para pejuang dan keturunannya. PPM Kabupaten Sukabumi juga jangan pernah lelah ikut membangun daerah,” kata Marwan.

Banyak jembatan, jalan, dan rumah tidak layak huni yang dibangun oleh PPM, lanjutnya. Semoga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Marwan juga berpesan kepada keluarga besar PPM , jadikanlah organisasi ini sebagai agen of change atau agen perubahan yang dimulai dari diri sendiri lalu berbuatlah untuk kepentingan masyarakat. (*)