Menteri BUMN Prioritaskan Peran Pesantren dalam Pembangunan Ekonomi

oleh -
Menteri BUMN Erick Thohir berkunjung ke Ponpes Al-Masthuriyah Cisaat dalam rangka membahas Program Santri Magang.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Kunjungan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ke Sukabumi membawa kabar bahagia dan keberkahan bagi kalangan pondok pesantren. Betapa tidak, ketika berada di Ponpes Al-Masthuriyah, Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Menteri Erick berbicara tentang programnya untuk memberikan peran penting kepada pesantren dalam pembangunan ekonomi.

“Kami perkenalkan program Santri Magang. Melalui program ini para santri akan terjun langsung di lingkungan perusahaan, termasuk BUMN untuk mengetahui seluk-beluk dunia usaha,” kata Erick di Pesantren Al-Masthuriyah dalam kunjungan ke Kota dan Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/1/2022).

Tujuan program Santri Magang, ujar dia, salah satunya untuk membentuk para santri yang bisa cepat beradaptasi terhadap perubahan iklim usaha dan investasi di zaman digitalisasi ini. Nantinya para santri dapat mengambil peran penting dalam dunia usaha. Menteri akan memprioritaskan kalangan pesantren agar berperan dalam pembangunan ekonomi.

BUMN, ujar dia, harus terus mengembangkan kerja sama dengan kalangan pesantren di berbagai bidang. Kehadiran BUMN harus dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, termasuk kalangan pesantren. Jangan sampai BUMN itu seperti menara gading yang tidak menyatu dengan rakyat.

“Bagi kami pesanten merupakan penerang jalan seperti mercu suar. Karena itu kami akan terus mendorong berbagai bentuk kerja sama dengan pondok pesantren. Program Santri Magang merupakan salah satu bentuk dari kerja sama tersebut,” kata dia. 

Dalam kunjungannya itu, Ercik bersama melakukan ziarah ke makam pendiri Pesantren Al-Masthuriyah KH. Muhammad Masthuro dan gurunya Al-Habib Syeikh Salim Al-Athass.

Di tempat yang sama Pimpinan Ponpes Al-Masthuriyah, KH. Azis Masthuro mengatakan, kunjungan Menteri BUMN merupakan bentuk perhatian dari pemerintah pusat terhadap pesantren. Dia harapkan Erick Thohir berkunjung kembali ke Ponpes Al-Masthuriyah untuk bersilaturahmi dan mengembangkan kerja sama. (*)