Pohon Tumbang Menimpa Sepeda Motor Tamu Pernikahan di Cidahu

oleh -
Pesta perkawinan di Kampung Pojok RT 03 RW 01 Desa Babakanpari, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi diwarnai musibah pohon tumbang yang menimpa 20 sepeda motor milik tamu undangan.

Wartawan Reno Erwan Rusmawan

Editor Wawan AS

Pohon jengjeng rubuh dan reruntuhannya menimpa 20 motor milik para tamu undangan pernikahan di Kampung Pojok RT 03 RW 01 Desa Babakanpari, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (15/1/2022) kira-kira pukul 14.15 WIB. Petaka itu terjadi di tengah hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kampung Pojok dan sekitarnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, selepas tengah hari lokasi resepsi pernikahan Andre salah seorang relawan Khatulistiwa Indonesia mulai diliputi mendung. Di tengah suasana gembira, tiba-tiba hujan turun dengan derasnya. Setelah itu datang pula hembusan angin kencang yang menyertai guyuran air dari langit.

Angin terus mengamuk dan meruntuhkan beberapa pohon rapuh yang diterjangnya. Tanpa diduga angin dengan kekuatan besar menabrak pohon jengjeng besar yang terletak di bawah rumah tempat resepsi. Dalam sekejap pohon pun rubuh dengan suara berderak di tengah hujan lebat.

Reruntuhan pohon menimpa lokasi parkir sepeda motor milik para tamu. Batang, cabang, dan ranting pohon menimpa sekitar 20 sepeda motor yang diparkir di lokasi tersebut. Diketahui kemudian, beberapa sepeda motor yang tertimpa langsung batang mengalami kerusakan yang cukup parah.

Sementara sepeda motor yang tertimpa dahan hanya ringan dan unit yang terkena ranting cuma mengalami lecet pada bodinya. Jadi tingkat kerusakan korban ranting ini tidak seberapa.  

Selain itu, tempat parkir juga digenangi air sehingga separuh badan sepeda motor tenggelam di bawah permukaan air. Tuan rumah dan para tamu tidak bisa berbuat banyak selain menyaksikan guyuran air hujan dari langit.

Andre pun segera meminta bantuan rekannya bernama Doddy dari Tim Ruang Peduli. Tim ini diminta bantuan untuk mengevakuasi sepeda motor dari rerutuhan pohon. Setelah hujan reda, Andre dan warga sekitar langsung turun ke tempat pohon runtuh untuk memindahkan sepeda motor ke tempat yang kering dan aman. (*)