IKWI Jabar Beri Perhatian Penuh pada Anak-anak Korban Semeru

oleh -
Penyerahan bantuan untuk mendukung program trauma healing bagi anak-anak korban erupsi Gunung Semeru dari IKWI Jabar.

Wartawan Fitra Yudi S

Editor Wawan AS

Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jawa Barat memberikan perhatian penuh pada nasib anak-anak yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Karena itu bantuan yang diberikan IKWI Jabar kepada para korban Semeru difokuskan untuk menunjang program trauma healing bagi anak-anak. 

“Kami telah mengirimkan bantuan berupa boneka, mainan anak-anak, perlengkapan bayi, pakaian, dan uang yang akan dibelikan peralatan penunjang untuk program trauma healing bagi anak-anak yang menjadi korban Gunung Semeru,” kata Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan dan Kesehatan IKWI Jabar Lelly Indrawati kepada wartawan, Jumat (14/1/2022).

Seperti diketahui erupsi Gunung Semeru di awal Desember yang lalu menimbulkan banyak korban luka dan meninggal dunia. Selain itu, akibat situasi darurat erupsi juga berdampak pada kondisi psikologi anak-anak.

“Banyak anak-anak yang mengalami trauma berat. Anak-anak lebih banyak diam dan tidak mau makan karena trauma yang mereka alami. Selain itu, ada anak yang kehilangan kedua orang tuanya. Hal ini membuat mereka masih merasa sedih dan memilih menyendiri. Kami terpanggil untuk mendukung program trauma healing bagi mereka,” jelas Lelly.

Sebagai sebagai organisasi/wadah berhimpunnya istri wartawan, wartawati, istri karyawan dan karyawati perusahaan pers, IKWI Jabar turut terpanggil dan menggalang donasi untuk membantu korban Semeru, khususnya anak-anak. Setelah terkumpul, bantuan pun langsung dikirimkan ke Lumajang.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Lelly ke Posko Bantuan Erupsi Gunung Semeru di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Lumajang akhir tahun lalu. Bantuan tersebut diterima oleh relawan/pustakawan Tutik Andriyani didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Disarpus Kabupaten Lumajang Supiyati. (*)