Akun Facebook Abal-abal Gentayangan, Nama Wakil Wali Kota Dicatut Penipu

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Aksi tipu-tipu di dunia maya memakai nama pejabat teras Kota Sukabumi rupanya disukai kawanan penipu. Kali ini nama yang dicatut adalah Wakil Wali Kota, Andri Setiawan Hamami. Penipu mencatut nama lengkap Andri Setiawan Hamami dan memasang foto Andri dengan seragam dinas sebagai foto profil di akun Facebook.

Selama ini akun Facebook menjadi media yang kerap digunakan penipu untuk mengelabui masyarakat. Dari akun abal-abal itu, para penipu menghubungi sejumlah pihak melalui fitur Messenger dan dilanjutkan percakapan melalui WhatsApp.

Dalam tangkapan layar yang dikirimkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi, akun abal-abal itu memulai percakapan dengan laga sok akrab lalu menanyakan keberadaan calon korban. “Berdomisili di mana sekarang?” tanya akun abal-abal itu. Akun itu juga dengan entengnya mengatakan jika dirinya adalah Wali Kota Sukabumi. Padahal nyatanya Andri adalah Wakil Wali Kota Sukabumi.

Diskominfo sendiri menerima aduan adanya akun abal-abal itu pada Jumat, 14 Januari 2022. Diskominfo memastikan modus yang akan dilakukan akun abal-abal tersebut sama dengan sebelumnya, yakni menipu.

“Akun tersebut memiliki modus sama seperti upaya penipuan sebelumnya yakni menghubungi sejumlah pihak melalui Facebook Messenger dan kemudian mengajak melanjutkan komunikasi menggunakan aplikasi Whatsapp,” tulis Diskominfo dalam rilisnya.

Wakil Wali Kota Andri Hamami melalui Diskominfo telah memberikan bantahan bahwa akun tersebut bukan miliknya. Ia juga meminta masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap segala bentuk upaya penipuan mengatasnamakan pejabat publik.

Aksi akun abal-abal memakai nama pejabat pernah menimpa Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Nama Achmad Fahmi dicatut orang tak bertanggung jawab sebagai nama salah satu akun media sosial Facebook. Akun itu menghubungi sejumlah pihak yang ujungnya meminta bantuan uang. (*)